Senin 12 Jun 2023 12:42 WIB

Kiper Cadangan Manchester City Ternyata Punya Dua Gelar Juara Liga Champions, Kok Bisa?

18 tahun lalu, dia juga pernah berjaya di Liga Champions.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manchester City selebrasi juara Liga Champions 2022/2023.
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Manchester City selebrasi juara Liga Champions 2022/2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Scott Carson menanggapi pernyataan yang menyebut dirinya tidak berkontribusi semenit pun dalam upaya memenangkan trofi Liga Champions Manchester City musim ini. Penjaga gawang veteran itu bahkan sebenarnya sudah dua kali meraih trofi Liga Champions. 

Penjaga gawang veteran membuat sejarahnya sendiri saat Manchester City mengalahkan Inter Milan di final Liga Champions pada Ahad (11/6/2023). Trofi tersebut membuatnya menyamai rekor Paulo Maldini untuk memiliki jeda terpanjang kemenangan Liga Champions selama 18 tahun. Hal itu karena Carson adalah pemain pengganti yang tidak digunakan ketika Liverpool mengalahkan AC Milan untuk memenangkan trofi pada tahun 2005, dan 18 tahun kemudian ia berada di bangku cadangan saat Manchester City menyelesaikan treble winners. Uniknya, Carson merasakan selebrasi juara di stadion yang sama di Istanbul, Turki. 

Baca Juga

Menyusul kemenangan dan pencapaian Carson, seorang penggemar turun ke Twitter dan menuduh penjaga gawang tidak pantas mendapatkan medalinya karena dia gagal memainkan permainan di kedua putaran. "Scott Carson. Pemenang liga Champions dua kali tanpa bermain semenit pun," tulis seorang warganet disertai emoji tepuk tangan.

Namun, Carson membalas komentar tersebut dan dengan senang hati mengingatkan penggemar tentang penampilannya di pertandingan perempat final Liverpool menuju kemenangan Piala Eropa kelima mereka. "90 menit perempat final, lakukan penelitianmu," jawab Carson dengan menambahkan dua emoji medali dalam reaksinya, dikutip dari Daily Mail, Senin (11/6/2023).

Apa yang dikatakan Carson mengacu pada delapan pertandingan leg pertama terakhir the Reds dengan Juventus pada 2005, yang membuat pasukan Rafa Benitez mengalahkan raksasa Italia 2-1 dengan Carson memulai dan menyelesaikan seluruh menit di pertandingan tersebut. 

Pemain berusia 37 tahun itu kemudian bergabung dengan Man City dengan status pinjaman dari Derby pada 2019 sebagai pelapis Ederson dan Claudio Bravo. Selama musim itu dia membuat penampilan pertamanya di Liga Primer dalam hampir satu dekade melawan Newcastle dan menyelamatkan penalti dari Joe Willock.

Menyusul dua masa pinjaman, ia bergabung dengan City secara permanen pada 2021, dan menambahkan penampilan Liga Champions untuk klub sebagai pemain pengganti saat bermain imbang 0-0 dengan Sporting Lisbon selama pertandingan sistem gugur musim lalu. 

Selama kariernya, Carson juga memperkuat Leeds, West Bromwich Albion dan Wigan Athletic serta banyak masa pinjaman terutama dengan Charlton Athletic dan kemudian Aston Villa. Dia juga telah menorehkan empat penampilan bersama timnas Inggris. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement