Senin 12 Jun 2023 16:53 WIB

Thomas Doll Puas Para Pemain Persija Berhasil Tunjukkan Hasil Latihan dalam Uji Coba

Perjuangan para pemain berlatih fisik selama kurang lebih 2 pekan membuahkan hasil.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, memberikan instruksi pada para pemain besutannya.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, memberikan instruksi pada para pemain besutannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta telah menggelar laga uji coba melawan Persipu FC di Nirwana Park, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Sabtu (10/6/2023) sore WIB. Laga berakhir dengan skor 8-0 untuk kemenangan skuad Macan Kemayoran.

Pada laga itu, pelatih Persija, Thomas Doll, menurunkan dua skuad yang berbeda di setiap babaknya. Pemain-pemain yang baru direkrut oleh tim Ibu Kota, seperti Rizky Ridho, Akbar Arjunsyah, dan Ryo Matsumura masuk salam skuad yang bermain di babak kedua.

Baca Juga

Seusai laga, Thomas Doll mengaku puas dengan laga uji coba tersebut. Skor akhir 8-0 membuktikan perjuangan para pemain berlatih fisik selama kurang lebih dua pekan, membuahkan hasil yang baik.

"Setelah dua minggu berlatih dengan program yang cukup berat, kadang mereka berlatih dua kali dalam sehari, akhirnya bisa menghasilkan permainan yang bagus hari ini," kata Thomas Doll dikutip dari Liga Indonesia Baru, Ahad (11/6/2023). "Para pemain baru akhirnya bermain dengan seragam Persija untuk pertama kalinya. Semua mempunyai pergerakan yang bagus, tidak ada yang cedera, gol yang tercipta pun bagus. Semua ini merupakan awal yang bagus."

Selanjutnya Persija akan memasuki pekan ketiga pramusim. Rencananya, pelatih asal Jerman itu akan mencoba mengubah programnya. Sebelumnya hanya latihan dasar, berikutnya akan lebih dinamis dan intens. Apalagi, dia melanjutkan, laga terpenting pada masa pramusim adalah laga terakhir sebelum Liga 1 dimulai.

"Laga terakhir itu bisa membantu kami fokus pada laga selanjutnya. Dalam setiap laga pramusim semua pemain akan dapat menit bermain. Kami punya jadwal yang cukup bagus di pramusim, kami akan melawan Persebaya (18/6/2023), Ratchaburi FC (25/6/2023) dan di antara laga itu ada satu pertandingan lagi (21/6/2023). Saya harap semua bisa bermain sambil menunggu pemain baru yang akan datang," ujarnya.

Doll juga menilai kerja sama yang terbangun antara Ridho dan Akbar cukup bagus. Meskipun perlawanan yang diberikan lawan masih belum begitu kuat lantaran kurangnya ancaman yang berbahaya, Doll melihat Akbar suka berduel dengan bola dan mengakui pemain yang dibesarkan di akademi Persebaya Surabaya itu sangat kuat. "Sementara untuk Ridho, semua sudah tahu bagaimana kualitasnya. Saya yakin dia akan terus berkembang," kata dia.

Di sisi lain, Doll juga memberikan penilaian terhadap performa dari Ryo. Menurutnya, pemain berpaspor Jepang itu suka mengganti ritme permainan. Pemain dengan posisi gelandang itu juga dinilai selalu mencoba untuk masuk ke arah dalam dan aktif meminta umpan satu-dua.

"Saya melihat dia selalu punya target yang ingin dicapai, dia selalu mengarah ke arah gawang, kadang dia mengirim pemain lain untuk melakukannya, dan melakukan banyak pergerakan kecil yang cepat," kata Doll.

Ryo juga mencetak gol di laga perdananya bersama Persija. Ia mengaku gembira bisa memberikan awal yang baik. "Tentu saya sangat senang, karena dengan gol ini membuat feeling mencetak gol saya lebih baik. Hal ini merupakan langkah awal yang bagus untuk saya," kata Ryo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement