Selasa 13 Jun 2023 04:31 WIB
...

Guardiola, Manchester City, dan Penantian Panjang Trofi Liga Champions

Gemilangnya Man City musim ini tak terlepas dari perubahan formasi yang disusun Pep.

Manchester City menjuarai Liga Champions musim 2022/2023.
Foto:

Manjurnya formasi 3-2-4-1

Gemilangnya Man City musim ini tidak terlepas dari perubahan formasi yang disusun Pep dari semula 4-3-3 ke 3-2-4-1.

Cara kerja formasi ini jauh berbeda dari formasi 3-4-3 atau 3-5-2 yang diterapkan Chelsea era Thomas Tuchel yang memakai tiga bek sejajar dan dua wingback yang diisi Reece James dan Ben Chilwell.

Dengan formasi 3-2-4-1, Pep tidak menggunakan wingback. Dua pemain tengah memegang peran kunci di mana salah satunya bisa menjadi bek tambahan ketika mode bertahan. Empat posisi di belakang striker diisi pemain-pemain kreatif yang dua di antaranya bagian sisi kanan dan kiri bertugas untuk menjaga lebar lapangan.

Perubahan formasi ini pertama kali dikenalkan Pep pada awal Januari 2023 saat Man City menang melawan Chelsea pada ajang EPL dengan skor 1-0. Saat itu Pep mencoba Bernardo Silva berduet dengan Rodri. Pep juga pernah memakai jasa pemain muda Rico Lewis untuk menerapkan formasi ini.

Formasi ini tidak langsung berjalan mulus karena masih banyak penyesuaian. Adapun, Man City pada bulan Januari juga menderita kekalahan dua kali dari Southampton dengan skor 0-2 pada ajang Piala Liga dan dari Manchester United dengan skor 1-2 pada ajang Liga Inggris.

Setelah mencoba dan mencoba, pelatih asal Spanyol itu menemukan sosok yang tepat mengisi satu partner Rodri di lini tengah. Pemain itu adalah Stones. Dalam formasi ini, Stones memainkan peran sentral di mana ia menjadi gelandang modern yang bisa menjadi gelandang saat menyerang dan bek saat bertahan.

Perlahan, seiring berjalannya waktu, formasi tersebut menjadi sangat beringas di mana Man City hanya menelan satu kekalahan sampai laga final UCL sejak kalah dua kali beruntun dari Southampton dan Man United pada Januari.

Satu kekalahan tersebut diderita Man City saat menutup pekan terakhir Liga Inggris melawan Brentford dengan skor 0-1. Secara total, sejak bulan Januari, Man City memenangkan 28 pertandingan, lima imbang, dan hanya tiga kali menelan kekalahan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement