Selasa 13 Jun 2023 05:58 WIB

Garnacho: Saya Merasa Argentina, Saya Orang Argentina

Alejandro Garnacho ingin membela Argentina, negara asal ibunya.

Pemain Manchester United Alejandro Garnacho siap membela timnas Argentina.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Pemain Manchester United Alejandro Garnacho siap membela timnas Argentina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Striker Manchester United (MU), Alejandro Garnacho, tidak sabar menantikan debutnya yang telah lama dinantikan bersama Argentina. Ia mengatakan bahwa keputusannya untuk membela negara Amerika Selatan itu sudah final.

Lahir di Spanyol, tetapi memiliki ibu orang Argentina, pemain berusia 18 tahun ini dipanggil untuk pertandingan persahabatan Argentina melawan Australia. Ia tidak ragu-ragu dengan prospek bermain bersama Lionel Messi dengan juara Piala Dunia di Qatar.

Baca Juga

"Saya merasa seperti orang Argentina, saya orang Argentina. Mereka bertaruh pada saya dan itu jelas bagi saya. Ini adalah tim nasional yang sangat besar, kesempatan yang sangat bagus dan seluruh keluarga saya sangat senang dan mendukung saya sejak menit pertama," kata Garchacho kepada TyC Sports, dikutip dari Reuters, Selasa (13/6/2023).

Garchacho, yang menjalani musim yang cemerlang bersama United, mengalami cedera pergelangan kaki dan melewatkan kesempatan untuk dipanggil oleh pelatih Argentina, Lionel Scaloni, untuk pertandingan persahabatan melawan Panama dan Curacao pada Maret.

Bulan lalu, ia juga melewatkan kesempatan untuk mewakili Argentina di Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di negara Amerika Selatan tersebut, setelah menggantikan posisi Indonesia sebagai tuan rumah.

"Saya berbicara banyak dengan pelatih (Manchester United) (Erik ten Hag) dan memintanya untuk mengizinkan saya pergi, tetapi dia mengatakan itu tidak mungkin. Tetap saja, saya mengikutinya di TV seolah-olah saya ada di sana," kata dia.

Aturan FIFA mengizinkan pemain dengan kewarganegaraan ganda untuk berganti tim nasional selama mereka belum bermain lebih dari tiga pertandingan (termasuk pertandingan persahabatan). Namun, dengan kemungkinan masih dipanggil oleh Spanyol, Garnacho mengatakan dia sangat ingin mengejar karier bersama Argentina.

"Saya tidak perlu bermain dalam tiga pertandingan. Saya berada di sini dan jika saya tidak melakukan debut dalam tur ini, tidak masalah. Saya tahu saya ingin bersama Argentina dan itu akan terjadi. Saya ingin berkarier bersama tim nasional Argentina, jika pelatih mempercayai saya, saya akan terus bermain. Saya ingin menjadi satu lagi dan ambil bagian dalam Copa America, kualifikasi dan Piala Dunia," kata dia.

Garnacho mengatakan, ia tahu banyak orang di Argentina mencintai dan menghargainya. "Saya sudah membuat keputusan untuk bermain untuk Argentina, dan saya akan membalas cinta itu di atas lapangan," katanya menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement