Rabu 14 Jun 2023 19:45 WIB

Ini Kunci Keberhasilan Anthony Ginting Melaju ke Babak 16 Besar Indonesia Open 2023

Ginting menjaga asa untuk bisa meraih gelar juara secara beruntun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Ginting mengembalikan kok ke arah pemain Denmark Hans-Kristian Vitinghus dalam babak 32 besar Indonesia Open di Istora, Jakarta, Rabu (14/6/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Ginting mengembalikan kok ke arah pemain Denmark Hans-Kristian Vitinghus dalam babak 32 besar Indonesia Open di Istora, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, sukses melaju ke babak 16 besar Indonesia Open 2023. Di babak 32 besar, Ginting tampil begitu dominan dan menyingkirkan tunggal putra asal Denmark, Hans-Kristian Vittinghus, dua gim langsung, 21-8, 21-10, Rabu (14/6/2023).

Ginting langsung tancap gas dan terus memimpin sejak gim pertama dimulai. Menutup interval pertama dengan kemenangan, 11-6, Ginting menyudahi gim pertama dengan keunggulan 21-8. Kondisi serupa terjadi di gim kedua. Ginting langsung melesat dengan merebut empat poin pertama.

Baca Juga

Pebulu tangkis asal Cimahi, Jawa Barat, itu terus mendominasi permainan hingga akhirnya menutup laga dengan kemenangan, 21-10. Juara Singapura Open 2023 itu mengakui memang berusaha untuk tampil agresif seraya menjaga kesabaran saat menghadapi peringkat ke-39 tunggal putra dunia tersebut.

Tidak hanya itu, atlet berusia 27 tahun itu juga berusaha untuk bisa menjaga fokus menjalankan strategi permainan di sepanjang laga. Dengan sederet modal tersebut, Ginting mampu memastikan kemenangan dengan jarak poin yang cukup jauh.

''Vittinghus bukan pemain yang bisa dipandang sebelah mata. Dari pertemuan sebelumnya dengan Vittinghus juga selalu ramai. Jadi, saya berusaha untuk lebih fokus dalam menjalan strategi. Selain itu, Vittinghus juga mungkin kurang bisa keluar dari tekanan,'' ujar Ginting di sesi konferensi pers pasca-laga, Rabu (14/6/2023).

Selain menjaga fokus dalam menerapkan strategi permainan, Ginting menyebut, adanya faktor dukungan penonton di Istora, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dalam kemenangannya atas Vittunghus. ''Selalu merasa excited tiap mau bermain di rumah sendiri, khusus di Istora. Salah satu yang membedakan dukungan penonton dibanding pertandingan-pertandingan di negara lain,'' jelas Ginting.

Dengan keberhasilan melaju ke babak 16 besar Indonesia Open 2023, Ginting menjaga asa untuk bisa meraih gelar juara secara beruntun. Sebelum tampil di Indonesia Open 2023, Ginting sukses mengakhiri Singapura Open 2023 di podium tertinggi, akhir pekan lalu.

Ginting pun mengungkapkan, keberhasilan meraih gelar juara di Singapura Open 2023 memiliki dampak besar dalam meningkatkan kepercayaan dirinya di atas lapangan.

''Namun, harus bisa juga manage dan kontrol juga. Euforia pekan lalu (juara Singapura Open 2023) harus cepat-cepat ditinggal karena ini sudah pekan baru dan pertandingan baru. Harus mulai dari nol lagi,'' kata Ginting.

Ginting sudah ditunggu tunggal putra asal India, Priyanshu Rajawat, di babak 16 besar Indonesia Open 2023. Rajawat berhasil melaju ke babak 16 besar Indonesia Open  2023 usai tunggal putra asal Thailand, Kunlavut Vitidsarn, memutuskan untuk mundur dari turnamen Super 1000 ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement