Jumat 16 Jun 2023 22:35 WIB

Menpora Pilih Gemari Pemain Timnas Indonesia daripada Argentina

Timnas diminta bersiap secara maksimal agar bisa menunjukkan permainan terbaik.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (16/6/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (16/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo tak mau melewatkan pertandingan uji coba FIFA matchday antara Indonesia melawan Argentina yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (16/6/2023) malam WIB. Ia mengaku tak khawatir apakah bintang Argentina Lionel Messi akan hadir atau absen dalam pertandingan tersebut.

Menurut Dito, yang terpenting adalah skuad Garuda memiliki pengalaman bertanding yang sangat langka melawan tim nomor satu dunia, Argentina, yang merupakan juara Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Selain itu, tim asuhan Shin Tae-yong juga harus mempersiapkan diri secara maksimal agar bisa menunjukkan permainan terbaik. Mengenai kepastian apakah Messi bisa hadir atau tidak, Dito menilai itu tidak penting.

"Hari Senin (19/6/2023) kita lihat saja, yang pasti persiapan timnas sudah maksimal," kata pria berusia 32 tahun itu kepada wartawan di kantor Kemenpora, Jumat (16/6/2023).

Di sisi lain, politikus partai Golkar itu mengaku lebih memilih menjadi penggemar pemain Indonesia dari pada Argentina. Di antara para pemain bintang seperti Lionel Messi, Angel Di Maria, Emiliano Martinez dll, Dito mengaku lebih memilih menggemari pemain-pemain Indonesia.  "Kami mah pemain favoritnya Indonesia aja," kata Dito saat ditanya siapa pemain favorit di kubu Argentina.

Di lain pihak, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan akan mempersiapkan tim sebaik mungkin. Ia telah mempelajari permainan Argentina saat melawan Australia yang berlangsung pada Kamis (15/6/2023). "Hari ini ada pertandingan Argentina melawan Australia di Cina, saya akan analisa pertandingan tersebut," kata Shin saat memimpin latihan, Kamis (15/6/2023).

Menjelang pertandingan tersebut, Shin ingin pemain lebih fokus mempersiapkan diri secara fisik maupun mental. "Seperti yang kita tahu Argentina ini memang tim terbaik di dunia, makanya ini persiapan yang terpenting dari pemain sendiri, dari hati pemain bagaimana, dan saya minta tolong kepada para pemain, jangan ada yang gelisah, jangan ada yang tegang. Saya ingin meminta pemain menikmati pertandingan tersebut supaya bisa tampil lebih rileks," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement