Senin 19 Jun 2023 07:15 WIB

De la Fuente Puji Ketenangan Pahlawan Tendangan Penalti Spanyol di Final Nations League

De la Fuente menyatakan para pemainnya telah mendapatkan ganjaran yang sepadan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Spanyol, Luis de la Fuente.
Foto: PA-EFE/Robert Perry
Pelatih timnas Spanyol, Luis de la Fuente.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Spanyol, Luis de la Fuente, memuji ketenangan timnya saat berada dalam tekanan besar hingga meraih trofi UEFA Nations League 2022/2023. La Roja memenangkan pertarungan sengit melawan Kroasia di final yang berlangsung Senin (19/6/2023) dini hari WIB di Rotterdam, Belanda, dengan selisih gol yang tipis 5-4.

Kedua tim tak dapat menemukan terobosan mencetak gol dalam 90 menit waktu pertandingan hingga perpanjangan waktu berakhir. Pertarungan harus ditentukan melalui adu penalti.

Baca Juga

Meskipun Aymeric Laporte gagal mengeksekusi tendangan penalti, skuad La Roja tetap menjaga keberanian saat pemain bertahan Real Madrid, Dani Carvajal, berhasil mengonversi tendangan penalti yang menentukan dan mengamankan gelar juara.

Ketenangan pada saat-saat genting tersebut membalikkan keadaan bagi Spanyol dan De la Fuente menyatakan bahwa para pemainnya telah mendapatkan ganjaran yang sepadan.

"Saya sangat tenang saat adu penalti. Saya mengatakan kepada mereka untuk tetap tenang. Mereka adalah para juara bagi saya dan dalam latihan mereka telah mendapatkannya," ujar De la Fuente menurut laporan Diario AS dikutip Football Espana, Senin.

Spanyol kini telah memastikan gelar internasional pertama sejak kesuksesannya di Euro 2012, setelah memenangkan Euro 2008, dan Piala Dunia 2010 di bawah asuhan Vicente del Bosque.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement