Senin 19 Jun 2023 10:55 WIB

Sambil Tersenyum, STY: Tentu Argentina Tetap Jadi Lawan Sulit Meski tanpa Pemain Kunci

Shin Tae-yong tak mau pasukannya terlena hanya karena tak ada Messi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong saat sesi latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Ahad (18/6/2023). Sesi latihan yang dipimpin langsung pelatih Indonesia Shin Tae Yong itu digelar jelang laga FIFA Matchday melawan Argentina pada Senin (19/6/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong saat sesi latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Ahad (18/6/2023). Sesi latihan yang dipimpin langsung pelatih Indonesia Shin Tae Yong itu digelar jelang laga FIFA Matchday melawan Argentina pada Senin (19/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, meyakini Argentina akan tetap menjadi lawan sulit meskipun hanya menurunkan pemain lapis kedua pada laga uji coba FIFA Matchday yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023) malam WIB. Argentina juga tidak akan diperkuat oleh tiga pemain kunci mereka, Lionel Messi, Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi.

Pelatih asal Korea Selatan itu memastikan ia tetap mempersiapkan tim sebaik mungkin. "Ini Argentina, tidak hanya mengandalkan Messi. Yang namanya tim nomor satu, pasti semua pemian Argentina memang bagus dalam bermain. Jadi permainan sepak bola memang seperti itu, satu pemain saja tak akan bisa membuat tim jadi juara dunia," kata Shin Tae-yong sambil tersenyum dalam konferensi pers jelang pertandingan, Ahad (18/6/2023).

Baca Juga

"Meski ada rotasi, sebenarnya sama saja, mereka kuat. Pemain-pemainnya tak ada yang main di liga lokal, semua main di luar negeri. Jadi walau satu-dua tidak main atau absen, warna tim tak akan berubah. Tak ada Messi dan Di Maria mereka tetap terbaik di dunia," ujarnya menambahkan. 

Di samping itu, Shin menilai pengalaman laga uji coba melawan tim nomor satu dunia akan sangat berarti bagi skuad Garuda. Ia berharap Asnawi Mangkualam dkk akan mendapatkan pengalaman bermain yang berharga dan mempelajari bagaimana caranya bisa menjadi tim kuat seperti Argentina, yang mampu menjuarai Piala Dunia 2022.

"Laga ini akan menjadi loncatan besar dan bantuan besar jelang Piala Asia, dan pemain dengan bertanding melawan Argentina langsung banyak bisa belajar dari Argentina dan dengan laga ini kita bisa tahu tim kita saat ini sekuat apa dan seperti apa, dan tahu juga nanti arah ke depannya seperti apa," kata Shin.

Selain itu, dia memastikan semua pemain dalam kondisi yang baik kecuali Sandy Walsh yang mengalami cedera. Mantan pelatih Korea Selatan yang pernah menjegal Jerman di fase grup Piala Dunia 2018 itu mengaku telah mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin dan menganalisis pertandingan Argentina melawan Australia. 

"Saya sudah nonton Argentina vs Australia di Cina kemarin, dan sangat kelihatan kondisi mereka dan mereka menunjukkan yang terbaik. Mereka juga menunjukkan (kualitasnya) sebagai tim juara dunia," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement