Senin 19 Jun 2023 20:27 WIB

Babak Pertama, Indonesia Digempur Argentina Unggul 1-0

Timnas Indonesia kesulitan menghadapi Argentina.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Joko Sadewo
Laga FIFA MATCHDAY Indonesia Vs Argentina.
Foto: istimewa/tangkapan layar
Laga FIFA MATCHDAY Indonesia Vs Argentina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia kesulitan menghadapi Argentina pada laga uji coba FIFA matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (19/6/2023) malam WIB. Tim Merah Putih digempur oleh Argentina di sepanjang pertandingan. Emiliano Martinez bahkan tidak melakukan tendangan gawang. Skor sementara 1-0 untuk Argentina di babak pertama.

Argentina mengendalikan penguasaan bola di menit-menit awal pertandingan. Sementara seluruh pemain Indonesia bertahan di area sendiri. Tim Tango bermain dengan sabar dari kaki ke kaki sambil mencari cara untuk menembus pertahanan Indonesia.

Setelah empat menit menguasai bola, Argentina akhirnya memiliki peluang di kotak penalti. Gonzalez berhasil menerima bola di sisi kiri kotak dan melepaskan umpan rendah ke tengah, beruntung tidak ada pemain Argentina yang menerima, bola kemudian dibuang keluar oleh Pattynama.

Indonesia mencoba bermain keluar, tapi penguasaan bola tidak bertahan lama di kaki tim asuhan Shin Tae-yong. Setelah dua-tiga sentuhan, bola selalu kembali direbut dari kaki pemain timnas Indonesia. Seperti saat Marselino mencoba menyerang di menit ke-6, bola dengan mudah dicuri pemain Argentina.

Di menit ke-10, percobaan ke gawang dilakukan oleh Molina ke gawabg Ernando. Beruntung Ernando dalam posisi yang tepat untuk menepis bola yang menggantung di udara tersebut. Sejurus kemudian, Ernando hampir melakukan kesalahan saat memainkan umpan pendek di depan gawang. Beruntung Indonesia tidak kebobolan.

Argentina terus menggempur pertahanan Indonesia di 15 menit awal. Saat serangan balik di menit ke-15, Marselino sempat dengan berani memegang bola lebih lama untuk bermain-main dengan Paredes. Sehingga ia akhirnya dilanggar oleh Paredes sebelum sempat mengoper bola kepada rekannya.

Di menit ke-18 Ernando menunjukkan skill-nya dengan menepis tembakan mendatar dari Medina dari kotak penalti ke sudut kanan bawah gawang. Tapi tak berhenti di situ, gempuran Argentina terus berlanjut, beberapa ancaman terjadi di area kotak penalti. Beruntung belum ada tendangan ke gawang.

Saking minimnya pemain Indonesia menguasai bola, kiper nomor satu Emiliano Martinez pun tampak menganggur. Martinez baru mendapat kesempatan menyentuh bola di menit ke-25. Tribun penonton pun bergemuruh saat pemain Indonesia menguasai bola di kotak penalti Argentina, berharap ada keajaiban.

Namun harapan tersebut sirna, tidak ada peluang ke gawang yang dilepaskan tim Merah Putih. Indonesia justru hampir kebobolan di menit ke-29. Kemelut terjadi saat Amat mencoba mengusai bola di pertahanan terakhir, tapi berhasil direbut oleh Buonanotte. Beruntung tendangannya berhasil disapu, tapi ada percobaan susulan yang juga masih gagal melesat ke gawang.

Indonesia memiliki peluang dari tendangan sudut di menit ke-35. Klok mengambil tendangan tersebut. Tapi berhasil disapu keluar dengan tandukan. Gawang Indonesia akhirnya kebobola. Di menit ke-37. Paredes melihat ruang dari kotak penalti, ia pun melepaskan tembakan langsung ke gawang, Ernando gagal mengantisipasinya. Skor 1-0 untuk Argentina.

Peluang kembali dimiliki Argentina di menit ke-44 saat Lo Celso bermain satu dua dengan Alvarez. Penyerang Manchester City itu menerima umpan di kotak penalti dan langsung melepaskan tembakan ke sudut sempit. Beruntung bagi Indonesia bola tidak mengarah tepat ke gawang.

Indonesia mempunyai satu peluang ke gawang Argentina di menit-menit akhir. Ivar menerima umpan di sisi kiri tapi penyelesaiannya tidak maksimal. Sentuhannya ke sudut sempit berhasil ditepis oleh Emiliano Martinez.

Susunan pemain kedua tim:

Indonesia (5-3-2): Ernando Ari (kiper); Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggot, Shayne Pattynama; Marselino Ferdinan, Marc Klok, Ivar Jenner; Dimas Drajad, Rafael Struick. Pelatih: Shin Tae-yong 

 

Argentina (4-4-2): Argentina: Emiliano Martinez (kiper); Cristian Gabriel Romero, Facundo Axel Medina, German Alejo Pezzella, Nahuel Molina Lucero; Exequiel Alejandro Palacios Facundo Valentin Buonanotte, Lo Celso, Leandro Paredes; Julian Alvarez, Nicolas Ivan Gonzalez. Pelatih: Lionel Scaloni 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya