Senin 19 Jun 2023 23:38 WIB

Erick Ingin Dunia Lihat Kebangkitan Sepak Bola Indonesia

Kehadiran Juara Piala Dunia jadi salah satu pertanda kebangkitan Sepak bola Indonesia

Rep: Desy Susilawaty/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ketum PSSI Erick Thohir menyapa sekaligus berfoto bersama suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Ketum PSSI Erick Thohir menyapa sekaligus berfoto bersama suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menekankan dua hal utama dari laga FIFA Matchday antara tim nasional Indonesia melawan tim nasional Argentina yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). Pertama, dengan adanya pertandingan tersebut, Erick berharap dunia melihat kebangkitan sepak bola Indonesia.

"Nomor satu, bagaimana dunia melihat sepak bola kita bangun dari tidur dan ini membuktikan dengan tim juara dunia mau hadir ke Indonesia," ujar Erick di Stadion Utama Gelora Bung Karno, dikutip dari siaran pers Istana.

Selain itu, pertandingan melawan juara dunia sepak bola tiga kali tersebut juga dimaksudkan untuk mempersiapkan mental tim nasional sepak bola Indonesia dalam menghadapi laga-laga lainnya.

"Ini bagian dari kita tes nyali, tes mental untuk supaya tim nasional kita siap karena tahun ini kan ada pertandingan juga kualifikasi Piala Dunia 2026. Walaupun target kita 2038, tapi kan siapa tahu, kita coba yang terbaik," jelasnya.

Kedua, lanjut Erick, dengan adanya pertandingan melawan Argentina diharapkan bisa meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat. Menurut Erick, nasionalisme bisa dibangun karena adanya kesatuan dalam mendukung Merah Putih.

"Ini terbukti, (suporter) ada dari Madura, ada dari Singkawang, ada dari Sumatra, Solo, Jawa, kita bersatu, tidak melihat suku, agama, yang ada cuma Merah Putih. Nah itu nasionalisme hanya bisa dibangun karena Merah Putih," jelasnya.

Erick juga bersyukur dengan tingginya antusiasme masyarakat atas pertandingan sepak bola ini. Ia pun berharap industri olahraga Indonesia bisa bangkit, disertai raihan prestasi yang juga membaik.

"Saya rasa antusiasme luar biasa dan inilah yang kita harapkan bahwa industri olahraga kita bangkit, tetapi prestasi kita juga harus membaik," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement