Selasa 20 Jun 2023 01:14 WIB

Jokowi Sebut Timnas Indonesia Bisa Imbangi Argentina Meskipun Kalah

Jokowi berharap laga ini bisa menjadi awal kebangkitan persepakbolaan Indonesia

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pemain timnas Argentina Alejandro Garnacho (28) berusaha melewati adangan pemain Indonesia Asnawi Mangkualam dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). Pada pertandingan itu Indonesia kalah dengan skor 0-2.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Argentina Alejandro Garnacho (28) berusaha melewati adangan pemain Indonesia Asnawi Mangkualam dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). Pada pertandingan itu Indonesia kalah dengan skor 0-2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kerja keras para pemain tim nasional Indonesia saat bertanding melawan Argentina dalam laga FIFA Match Day di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023) malam.

"Sangat bagus, saya kira kerja keras pemain-pemain kita ini luar biasa," ujar Jokowi usai menonton Indonesia vs Argentina.

Jokowi menilai, timnas Indonesia bisa mengimbangi permainan juara dunia Argentina dalam pertandingan ini meskipun kebobolan dua gol. Argentina saat ini menduduki peringkat pertama dunia, sedangkan Indonesia berada di peringkat 149.

"Harus kita lihat lho ya, Argentina itu ranking pertama dan kita di ranking berapa, 149. Tapi bisa mengimbangi, meskipun kita kebobolan dua, saya lihat bisa mengimbangi," ujarnya.

Jokowi pun berharap, laga ini bisa menjadi awal kebangkitan persepakbolaan Indonesia. Dengan mendatangkan tim-tim besar dari luar negeri, ia berharap timnas bisa semakin memiliki banyak pengalaman dalam berkompetisi. Sebelumnya, timnas Indonesia juga bertanding melawan timnas Palestina.

"Sering ditandingkan dengan klub yang memiliki ranking lebih tinggi dari kita, kayak kemarin dengan Palestina itu di rangking 93 kita bisa menahan 0-0, kemudian ini Argentina, sekali lagi ranking pertama, kita ranking 149 masih hanya kebobolan dua," katanya menjelaskan.

Ia menilai pertandingan ini menjadi pengalaman besar bagi para pemain timnas. Sebab, di awal pertandingan, menurut dia, para pemain sempat gugup.

"Artinya ini sebagai pengalaman besar bagi para pemain karena kita lihat di awal-awal tadi agak nerveous grogi mentalnya masih, tapi di babak kedua luar biasa, bisa mengimbangi. Sebagai pengalaman juga sebagai evaluasi bagi timnas kita," kata Jokowi.

Jokowi pun mengaku sempat takut Indonesia mengalami kekalahan telak. Namun, dalam laga ini para pemain Indonesia justru dinilai menunjukkan penampilan yang bagus.

"Di awal ya, saya takut kebobolan banyak aja. Ternyata bagus-bagus," ucapnya.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia kesulitan menghadapi Argentina pada laga FIFA matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (19/6/2023) malam. Tim Merah Putih berani tampil menyerang di babak kedua. Namun, Indonesia harus mengakui kekuatan tim nomor satu dunia dengan skor 2-0.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement