Selasa 20 Jun 2023 19:56 WIB

Erick Apresiasi Suporter yang Bersihkan Sampah Setelah Duel Indonesia Vs Argentina

Erick mengaku semain sering melihat suporter memunguti sampah setelah pertandingan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Ketum PSSI Erick Thohir menyapa sekaligus berfoto bersama suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Ketum PSSI Erick Thohir menyapa sekaligus berfoto bersama suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak sisi lain terlihat di balik euforia pertandingan tim nasional Indonesia melawan Argentina. Duel ini berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Senin (19/6/2023) malam WIB.

Pertandingan yang menghibur. Pasukan Garuda takluk 0-2 dari La Albiceleste. Puluhan ribu penggemar Merah-Putih memenuhi tribun GBK.

Baca Juga

Salah satu sisi lain yang menonjol yakni tindakan sekelompok suporter memunguti sampah selepas partai berakhir. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengapresiasi hal itu. Ia berterima kasih atas apa yang terjadi.

"Alangkah baik jika kemajuan sepak bola kita yang sudah terlihat ini, diikuti budaya menjaga stadion tetap bersih," demikian petikan tulisan Erick di Instagram-nya, Selasa (20/6/2023).

Itu menjadi pekerjaan rumah bersama. Bagaimana kebiasaan menjaga kebersihan di fasilitas publik harus membudaya. Termasuk di stadion.

Menurut Erick, apa yang sudah ditunjukkan beberapa suporter tersebut, menjadi modal penting. Ia berharap lebih banyak yang melakukan hal demikian. Kesadaran dimulai dari individu masing-masing.

"Semoga virus kebaikan ini terus menular. Mulai dengan diri sendiri, buang sampah pada tempatnya, atau membawa pulang sampah masing-masing jika belum menemukan tempah sampah," ujar tokoh yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini.

Sejumlah warganet mendukung pernyataan Ketum PSSI di atas. Ada yang mengkritisi sikap oknum yang membuang sampah sembarangan. Pada saat yang sama, beberapa memuji tindakan suporter yang berinisiatif membuang sampah.

"Jika tidak bisa jadi kaya mereka, setidaknya, jadilah salah satunya. Bersih itu baik," tulis akun @sabtukalaitu.

"Keren mudah-mudahan yang kayak gini akan selalu dilakukan di setiap pertandingan. Kesadaran dari suporternya keren. Salut banget," tulis pemilik akun Wiwin Tri Wahyuni.

Erick menjamin bakal terus meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia di berbagai bidang. Itu termasuk hal-hal positif di luar lapangan seperti ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement