Kamis 22 Jun 2023 10:05 WIB

Wali Kota Surabaya Ingin Sulap Stadion Gelora Bung Tomo Mirip Old Trafford atau Anfield

Eri akan berusaha menjadikan Stadion GBT sebagai tempat wisata olahraga terkenal.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Endro Yuwanto
Ketum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (ketiga kiri) memberikan keterangan pers di Stadion Bung Tomo, Surabaya, belum lama ini.
Foto: Dok Republika
Ketum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (ketiga kiri) memberikan keterangan pers di Stadion Bung Tomo, Surabaya, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyambut kedatangan Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste Owen Jenkins di ruang kerjanya pada Rabu (21/6/2023). Eri mengatakan, dalam pertemuan tersebut, keduanya mendiskusikan berbagai hal. Mulai pengembangan industri kreatif di Dolly, pendidikan, hingga wisata olah raga.

Eri pun sempat menyampaikan keinginannya untuk menjadikan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sebagai destinasi wisata olahraga. Ia ingin meniru Old Trafford yang menjadi kandang Manchester United atau Anfield yang merupakan homebase Liverpool di Inggris.

Baca Juga

"Titik kerja sama nanti salah satunya adalah menerapkan yang ada di stadion Inggris seperti Manchester, Liverpool, itu akan saya terapkan di Stadion GBT," kata Eri, Kamis (22/6/2023).

Eri pun akan berusaha menjadikan Stadion GBT sebagai tempat wisata olahraga terkenal seperti di Old Trafford dan Anfield. Pengunjung yang mendatangi dua stadion internasional tersebut bisa datang ke sana untuk berbelanja merchandise atau sekadar berkeliling menikmati kemegahan bangunannya.

"Jadi GBT nantinya tidak hanya sebagai tempat bermain bola, tapi ketika orang datang di Surabaya, seperti layaknya berkunjung ke Liverpool, Madrid, Chelsea, atau ke Manchester. Pasti ketika masuk, akan melihat-lihat stadionnya dulu seperti apa," jelas Eri.

Eri mengatakan, saat ini Stadion GBT sudah berstandar internasional. Maka dari itu, menurutnya, bukan tidak mungkin menjadikan stadion kebanggaan arek-arek Surabaya itu seperti Old Trafford dan Anfield. Apalagi, Kota Surabaya dan Kota Liverpool sudah menjalin sister city cukup lama.

"GBT ini sudah menjadi stadion internasional, menjadi kebanggaan warga Kota Surabaya. Maka ini akan saya jadikan tempat wisata sehingga orang akan datang masuk ke Surabaya. Itu nanti kita akan ada MoU-nya, sister city dengan Liverpool," kata Eri menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement