Jumat 23 Jun 2023 23:07 WIB

Jadwal Liga 1 2023/2024 Diterima, Teco: Ini Memudahkan Persiapan Tim

Bali United akan berjumpa PSS Sleman sebagai pembuka pertandingan Liga 1.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Para pemain Bali United tengah berlatih (ilustrasi).
Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Para pemain Bali United tengah berlatih (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Bali United Stefano Cugurra mengungkapkan jadwal tetap kompetisi Liga 1 2023/2024 akan memudahkannya dalam mempersiapkan tim. Operator kompetisi sepak bola Indonesia, PT Liga Indonesia Baru telah merilis jadwal pertandingan BRI Liga 1 2023/2024 mulai 1 Juli 2023 hingga 26 Mei 2024 mendatang.

Dalam jadwal tersebut, Bali United akan berjumpa PSS Sleman sebagai pembuka pertandingan Liga 1 musim ini pada 1 Juli 2023. Teco, sapaan akrab Stefano, mengatakan dengan adanya jadwal ini akan memudahkan tim pelatih menyusun program latihan untuk skuad asuhannya.

Baca Juga

"Kabar bagus ketika jadwal kompetisi telah ada karena tim pelatih bisa menyusun program latihan untuk tim," kata Teco dikutip dari laman resmi klub, Jumat (23/6/2023).

Selain itu, Teco menilai laga pembuka melawan PSS Sleman cocok sebagai persiapan sebelum berjuang di Liga Champions Asia musim ini. "Lawan PSS Sleman juga sangat bagus. Mereka musim ini memiliki pemain dan pelatih yang berkualitas dan kami harus kerja keras untuk bisa meraih kemenangan di laga perdana nanti," ujarnya. 

Sistem kompetisi di musim ini juga berbeda dibandingkan musim sebelumnya sebab terdapat dua sistem yaitu regular series dan championship series. Reguler series adalah sistem pertandingan double round robin dimana setiap tim akan saling bertemu dalam laga kandang dan tandang yang dihitung poin berdasarkan hasil pertandingan.

Jika meraih kemenangan akan memperoleh 3 poin, imbang 1 poin dan kalah 0 poin yang akan dihitung dalam posisi klasemen musim ini. Setelah regular series berlangsung selama 34 pekan, 4 tim teratas yang berada dalam posisi klasemen terbaik akan kembali dipertemukan dalam babak championship series.

Peringkat pertama akan bertemu peringkat keempat dan peringkat kedua bertemu peringkat ketiga, masih dalam laga kandang-tandang. Dua tim terbaik di babak ini akan dipertemukan lagi dalam babak final yang berlangsung kandang – tandang untuk menentukan juara Liga 1 2023/2024.

Pelatih asal Brasil ini pun mengaku bila 18 kontestan tim akan berjuang maksimal di musim ini untuk meraih 4 tim terbaik di klasemen. "Menurut saya pemain harus bekerja keras lebih lagi karena pasti banyak tim bagus di Liga 1 musim ini. Mudah-mudahan sewaktu bermain di rumah, suporter bisa kasih semangat ekstra buat Bali United bisa menang banyak di pertandingan di Stadion Dipta," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement