Sabtu 24 Jun 2023 16:17 WIB

Publik Sambut Gembira Indonesia Dipercaya FIFA Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Indonesia telah percaya FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat berkunjung ke gerai Garuda Store di kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (17/6/2023).
Foto:

Menurut Sigit, FIFA melihat adanya perkembangan sepak bola di Indonesia selama PSSI dipegang oleh Erick Thohir. Hal itu tercermin dari fasilitas stadion yang telah lolos uji kelayakan FIFA, penyelenggaraan dua pertandingan FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina. 

“Jelas pejabat FIFA yang sudah berbulan-bulan berada di Indonesia sebelum Piala Dunia U-20, telah melihat potensi sepak bola kita. Infrastruktur standar internasional, antusiasme penonton terbaik di Asia, dan bisnis di sekitar sepak bola di Tanah Air sangat prospektif,” ucapnya.

"Tak mungkin FIFA menyia-nyiakan peluang ini. Tengok saja, di Piala Dunia kelompok usia manapun, penonton relatif sepi. Di Indonesia, bahkan Piala AFF U16 saja, stadion penuh,” sambungnya.

Diakui Sigit, alasan lain kepercayaan FIFA kepada sepak bola Indonesia tidak lepas dari desain proposal ‘cetak biru Garuda Mendunia’ oleh PSSI menjadi alasan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. 

“Itu desain besar sepak bola Indonesia, yang disampaikan dengan meyakinkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir,” ujarnya.

Meski begitu, pendiri suporter Indonesia ini mengakui kehebatan Erick Thohir dalam merubah wajah PSSI dan sepak bola Indonesia beberapa bulan ini pasca resmi menjadi orang nomor satu di PSSI. 

Dikatakan Sigit, banyak perubahan yang dilakukan Erick Thohir, dari Kebijakan dalam PSSI, mengembangkan potensi para pemain dengan memilih lawan yang berkualitas tinggi hingga kepercayaan kepada pelatih untuk menggembleng para pemain.

“Di bawah Erick Thohir harus diakui banyak progres telah dibuat. Baik level di timnas maupun liga. Hal ini sekaligus menjawab keraguan sebagian orang, yang sebelum kongres menyangsikan kapasitas Erick Thohir,” ungkapnya.

Buat Sigit, Piala Dunia U-17 2023 ini tidak akan ada gangguan-gangguan seperti yang terjadi di Piala Dunia U-20, karena Israel sebagai masalah utama tidak menjadi peserta Piala Dunia U-17 2023. 

Namun, buat Sigit Nugroho yang menjadi masalah baru adalah penggunaan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), yang bertabrakan dengan konser band Coldplay pada waktu yang sama.

 

“Mungkin bukan adanya gangguan dalam arti harafiah (seperti U-20), tapi potensi terjadinya bentrok pemakaian SUGBK sangat mungkin terjadi. Jadwal konser Coldplay yang diwarnai perang tiket berada di antara Piala Dunia U-17,” katanya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement