Sabtu 24 Jun 2023 16:42 WIB

Penunjukan Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 Bukti Kesiapan Indonesia

Bung Kus menilai penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah bukanlah hadiah.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Mohamad Kusnaeni alias Bung Kus
Foto: Dok Facebook Mohamad Kusnaeni
Mohamad Kusnaeni alias Bung Kus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia kembali berkesempatan untuk menjabat sebagai tuan rumah ajang sepak bola terakbar Piala Dunia U-17. Kepastian tersebut langsung mendapat tanggapan dari para pengamat sepak bola Tanah Air. Pengamat kulit bundar M Kusnaeni mengeklaim, penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah bukanlah hadiah, melainkan bukti kesiapan Indonesia yang dilihat oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

"Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah merupakan sebuah kehormatan. FIFA tentu tidak akan sembarangan menunjuk tuan rumah untuk event miliknya," kata Kusnaeni menjelaskan dalam laporan yang diterima Sabtu (24/6/2023).

Baca Juga

Adapun penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 merupakan keputusan susulan yang diambil setelah FIFA menarik status tuan rumah dari Peru pada 3 April lalu. Peru yang semula dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dinilai tidak mampu memenuhi komitmen menyelesaikan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen.

Alhasil FIFA menyerahkan turnamen tersebut kepada Indonesia yang sebelumnya menjalani drama pencabutan status tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 2023.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Bung Kus menyebut, meski gengsi sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 tidak semegah Piala Dunia senior, banyak negara yang tertarik mendapatkan kesempatan ini. Terutama negara-negara di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan yang sedang membangun infrastruktur.

"Mereka merasa perlu mendapat pengakuan dari dunia internasional melalui kesempatan sebagai tuan rumah event sekelas Piala Dunia. Apapun levelnya, U-17, U-20, bahkan Piala Dunia Wanita," sambung Bung Kus.

Keputusan FIFA tak terlepas dari kepercayaan pun pengakuan bahwa Indonesia sejatinya mampu menggelar event level dunia.

"FIFA menyadari Piala Dunia U-17 sudah mepet. Kalau infrastruktur Indonesia dianggap belum layak tentu tak akan dipercaya oleh FIFA sebagai taun rumah," kata Bungkus.

Indonesia resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku hanya bisa bersyukur atas berkah setelah Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah FIFA U-17 World Cup 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat (23/6/2023) kemarin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement