Sabtu 24 Jun 2023 20:14 WIB

PSSI Tunjuk Bima Sakti Jadi Pelatih Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17

Bima Sakti sebelumnya juga menukangi timnas Indonesia U-16

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Bima Sakti akan menangani timnas INdonesia U-17 pada Piala Dunia U-17.
Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Bima Sakti akan menangani timnas INdonesia U-17 pada Piala Dunia U-17.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih timnas U-17 yang dipersiapkan untuk berlaga di Piala Dunia U-17 2023. Hal itu diumumkan Erick dalam jumpa pers di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2023). Kejuaraan level dunia yang akan diikuti oleh 24 peserta itu akan digelar pada 10 November-2 Desember 2023. 

Menteri BUMN itu mengungkapkan, alasan penunjukan Bima sebagai pelatih pada ajang tersebut agar Indonesia memiliki lebih banyak pelatih-pelatih berpengalaman. "Kami, saya rasa akan memberikan kesempatan kepada coach Bima (Sakti). Kita perlu coach-coach muda. Di kepelatihan STY (Shin Tae-yong) itu ada coach Nova dan coach-coach baru, di kepelatihan Indra (Safri) juga," kata Erick di Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Baca Juga

"Jadi kita akan memberikan kepada coach Bima Sakti dan nanti kita akan diskusikan di Exco pasti ada pendampinglah karena ini kejuaraan dunia," ujarnya menambahkan. 

Mantan bos Inter Milan itu menegaskan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong tidak akan diberikan tugas tersebut karena sesuai kontrak PSSI dengan STY yang mengemban tugas cukup banyak. Ia mengungkapkan dalam kontrak yang disepakati, pelatih berusia 52 tahun itu khusus menangani timnas Indonesia senior dan U-23.

"Sesuai dengan kontrak, coach STY kesepakatannya itu dia memegang senior dan U-23, lalu kita kemarin juga memberi kesempatan coach Indra untuk memegang yang junior," kata Erick.

Bima Sakti bukan nama baru dalam kepelatihan timnas Indonesia. Baru-baru ini, Bima ikut andil dalam keberhasilan Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja sebagai asisten pelatih. Selain itu, Bima sebelumnya juga pernah membawa Timnas U-16 juara Piala AFF U-16 2022. Timnas Indonesia U-16 keluar sebagai juara setelah mengalahkan Vietnam di final. Gol semata wayang kemenangan dicetak oleh Kafiatur Rizky. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement