Senin 26 Jun 2023 18:45 WIB

Resmi Pindah ke Barcelona, Kapten Manchester City: Terima Kasih Ya Pep

Gundogan akan menandatangani kontrak berdurasi dua tahun bersama Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten Manchester City Ilky Gundogan bersama rekan-rekannya mengangkat trofi juara Liga Champions 2023.
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Kapten Manchester City Ilky Gundogan bersama rekan-rekannya mengangkat trofi juara Liga Champions 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Ilkay Gundogan akhirnya memilih meninggalkan Manchester City dan bergabung bersama Barcelona pada jendela transfer musim panas kali ini. Gelandang asal Jerman itu meninggalkan The Citizens dengan status free agent begitu kontraknya habis pada akhir bulan ini.

Gundogan mulai membela City pada 2016 silam. Kala itu, Gundogan direkrut dari Borussia Dortmund dengan nilai transfer dikabarkan mencapai 20 juta poundsterling. Gelandang berusia 32 tahun itu menjadi salah satu pemain yang diboyong Pep Guardiola saat dipercaya menukangia The Citizens pada awal musim 2016/2017.

Baca Juga

Gundogan menjelma menjadi salah satu pemain andalan pelatih asal Spanyol tersebut. Selama tujuh musim memperkuat The Citizens, Gundogan telah mengemas 304 penampilan dan menyumbang 60 gol serta 40 assist di semua ajang. Lima titel Liga Primer Inggris, dua trofi Piala FA, empat titel Piala Liga Inggris, satu trofi Community Shields, dan satu gelar juara Liga Champions menjadi persembahan Gundogan buat City.

''Saya merasa beruntung mengalami berbagai momen luar biasa bersama klub ini. Dipercaya menjadi kapten pada musim yang spesial ini menjadi salah satu pengalaman paling luar biasa di sepanjang karier saya hingga saat ini,'' kata Gundogan seperti dilansir laman resmi Manchester City, Senin (26/6/2023).

Mantan gelandang Nuremberg itu merujuk pada pencapaian The Citizens pada musim ini. Musim ini memang terasa spesial. City tercatat menjadi klub asal Inggris kedua yang mampu mengakhiri musim kompetisi dengan torehan tiga gelar juara sekaligus. Sukses mempertahankan titel Liga Primer Inggris, City berhasil menundukan Manchester United, 2-1, di partai final Piala FA.

Keberhasilan meraih titel Liga Primer Inggris dan Piala FA dilengkapi dengan torehan gelar juara Liga Champions usai membungkam Inter Milan, 1-0, di partai final. Pada musim terakhirnya membela City, Gundogan pun tampil dengan begitu apik. Gundogan total menyumbang 11 gol dan tujuh assist dari 51 penampilan di semua ajang musim ini.

Torehan 11 gol, termasuk dua gol ke gawang United di final Piala FA, menjadi catatan gol terbanyak Gundogan selama tujuh musim terakhir mengenakan seragam The Citizens. Gundogan meninggalkan The Citizens saat tengah berada dalam performa terbaik, termasuk saat mengakhiri kompetisi musim lalu dengan torehan 10 gol.

Secara khusus, Gundogan mengucapkan terima kasih kepada Guardiola. Gelandang keturunan Turki merasa mendapatkan banyak pelajaran berharga dalam tujuh musim terakhir kerjasama dengan Guardiola.

''Terima kasih Pep. Bisa bermain di bawah arahannya dan belajar banyak darinya dalam waktu yang lama tidak akan bisa saya lupakan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua rekan setim dan para fans City, yang terus memberikan dukungan selama saya berada di sini,'' kata Gundogan.

Sebelumnya, Gundogan sudah dipastikan menjadi penggawa anyar Barcelona pada musim depan. Datang dengans status free transfer pada musim panas tahun ini, Gundogan akan menandatangani kontrak berdurasi dua tahun bersama Blaugrana. Barcelona membanderol Gundogan dengan nilai klausa pelepasan mencapai 400 juta euro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement