Selasa 27 Jun 2023 00:17 WIB

Ini Alasan Utama Barcelona Berani Bajak Kapten Manchester City

Sang kapten menolak memperkuat City musim depan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Jack Grealish (kanan) merayakan gol Ilkay Gundogan (tengah) ke gawang Manchester United di final Piala FA.
Foto: EPA-EFE/DANIEL HAMBURY
Jack Grealish (kanan) merayakan gol Ilkay Gundogan (tengah) ke gawang Manchester United di final Piala FA.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona telah mengeluarkan pernyataan resmi soal perekrutan Ilkay Gundogan. Menolak menandatangani perpanjangan kontrak bersama Manchester City, gelandang asal Jerman itu bakal datang ke Blaugrana dengan status gratis pada jendela transfer musim panas tahun ini.

Gelandang berusia 32 tahun itu pun menjadi rekrutan pertama Blaugrana pada bursa transfer awal musim 2023/2024. Gundogan akan menandatangani kontrak bersama Blaugrana begitu kontraknya bersama City habis pada 30 Juni 2023 mendatang. Di Barcelona, Gundogan akan diikat dengan durasi kontrak selama dua tahun.

Baca Juga

Dengan begitu, Gundogan diharapkan bisa terus membela Blaugrana hingga 2025 mendatang. Selain itu, Barcelona juga memiliki opsi untuk memperpanjang kontrak Gundogan selama setahun. Di dalam kontrak Gundogan tersebut, Barcelona menetapkan nilai klausa pelepasan Gundogan hingga mencapai 400 juta euro.

''FC Barcelona dan Ilkay Gundogan telah mencapai kesepakatan untuk menandatangani kontrak bersama Barcelona begitu kontraknya bersama City habis. Dia akan bergabung selama dua musim mendatang atau hingga 30 Juni 2025,'' tulis pernyataan resmi Barcelona, Senin (26/6/2023).

Sebelumnya, Gundogan dikabarkan menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Manchester City. Durasi dari kontrak tersebut menjadi salah satu alasan gelandang keturunan Turki itu enggan menerima tawaran kontrak anyar tersebut. City dilaporkan hanya menawarkan kontrak anyar berdurasi selama setahun buat Gundogan.

Kondisi ini dimanfaatkan Blaugrana dengan menawarkan kontrak dengan durasi yang lebih panjang. Tawaran Barcelona ini akhirnya diterima pemain yang berhasil mengantarkan The Citizens menyabet status //treble winners// pada musim ini dengan raihan titel Liga Primer Inggris, gelar juara Piala FA, dan trofi Liga Champions.

Dalam keterangannya, Barcelona pun membeberkan alasan perekrutan Gundogan. Jebolan tim junior Schalke 04 itu dinilai begitu piawai dalam membaca arah permainan. Pun dengan kemampuan Gundogan dalam memberikan kontribusi berupa torehan gol. Gundogan bahkan disebut-sebut sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia dalam 10 tahun terakhir.

''Kini, dia akan datang ke Barcelona, gelandang serang yang bisa membaca arah permainan dengan begitu sempurna. Dia juga tahu bagaimana mencetak gol. Secara umum, dia adalah salah satu gelandang terbaik di dunia dalam satu dekade terakhir dan seterusnya,'' tulis pernyataan resmi Barcelona.

Klaim Barcelona ini bukan tanpa alasan. Di dua musim terakhir membela The Citizens, Gundogan tampil begitu produktif. Pada musim lalu, Gundogan berhasil mencetak 10 gol dari 43 penampilan di semua ajang pada musim ini. Catatan itu dipertajam Gundogan pada musim ini.

Dari 51 penampilan di semua ajang, pengoleksi 67 caps buat Timnas Jerman itu total menyumbang tujuh assist dan mencetak 11 gol, termasuk dua gol ke gawang Manchester United di partai final Piala FA. Catatan gol ini menjadi catatan gol terbanyak Gundogan selama tujuh musim membela The Citizens.

Kehadiran Gundogan tentu bakal meramaikan persaingan dalam perebutan satu posisi utama di lini tengah Blaugrana. Gundogan akan bersaing dengan Pedri, Gavi, Frenkie de Jong, dan Thomas Partey. Namun, menilik tren performa apik pada musim ini, bukan tidak mungkin, pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, akan memberikan kesempatan buat Gundogan untuk bisa menghuni tim inti Blaugrana.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement