Rabu 28 Jun 2023 09:28 WIB

Pulang Kampung ke Italia, Pirlo Resmi Latih Sampdoria

Pirlo diharuskan membawa Sampdoria kembali ke level atas alias Serie A.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
 Andrea Pirlo akan kembali ke Italia untuk melatih klub Sampdoria musim 2023/2024.
Foto: EPA-EFE/PAOLO MAGNI
Andrea Pirlo akan kembali ke Italia untuk melatih klub Sampdoria musim 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, GENOA -- Andrea Pirlo resmi menjadi pelatih Sampdoria. Setelah setahun di luar negeri, Pirlo kembali ke Italia.

Sebelumnya, Pirlo membesut klub Turki, Fatih Karagumruk. Kubu Black Red finis di posisi ketujuh klasemen akhir. Pirlo membawa Fatih meraih 13 kemenangan, 12 imbang, dan merasakan 11 kekalahan.

Baca Juga

Setelahnya, Pirlo memilih mundur. Ada peluang untuk bertugas di negerinya. Kebetulan Sampdoria butuh allenatore anyar.

I Blucerchiati memecat Dejan Stankovic. Nama terakhir gagal mempertahankan klub tersebut di kasta teratas. Kini Emil Audero dan rekan-rekan terdegradasi ke Serie B.

Sepanjang musim 2022/2023, Sampdoria kesulitan bersaing di Serie A. Tim asal Kota Genoa itu hanya meraih 19 poin. Itu hasil dari tiga kemenangan dan 10 imbang.

"Pirlo secara resmi menjadi pelatih baru I Blucerchiati," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Rabu (28/6/2023).

Mantan gelandang Juventus dan AC Milan ini menandatangani kontrak selama dua tahun di sana. Tepatnya dari Juni 2023 sampai musim panas 2025. Target berkelas menantinya.

Pertama-tama Pirlo diharuskan membawa Sampdoria kembali ke level atas. Artinya musim depan, Sampdoria ditargetkan balik lagi ke Serie A. Menarik dinantikan bagaimana kiprah sang allenatore di Stadion Luigi Ferraris.

Pirlo termasuk pelatih di generasi terbaru. Ia berpetualang di profesi ini sejak 2020 lalu. Saat itu ia dipersiapkan menangani skuad Juventus U-23.

Namun karena kebutuhan, Pirlo langsung naik kelas ke level senior Juve. Sepanjang musim 2020/2021, ia membawa Bianconeri meraih trofi Coppa Italia. Pasukan hitam-putih juga mendapatkan gelar Piala Super Italia di eranya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement