Rabu 28 Jun 2023 12:35 WIB

Persib Gelar Pelatihan Steward Sambut Liga 1 2023/2024

Persib menyatakan komitmen kepada keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penonton.

Pelatihan steward pertandingan sepak bola oleh Persib.
Foto: Dok Persib
Pelatihan steward pertandingan sepak bola oleh Persib.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 tanggal 2 Juli 2023, Persib menggelar pelatihan steward. Pelatihan ini meliputi simulasi penanganan pertama pada kecelakaan serta penerapan rencana evakuasi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), yang digelar pada Selasa (27/6/2023).

Selain puluhan steward yang menjadi peserta, kegiatan ini melibatkan instruktur dari Direktorat Pengamanan Obyek Vital (Pam Obvit) Polda Jabar, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung.

Baca Juga

Pada sesi pertama, personel Pam Obvit Polda Jabar memberikan materi mengenai peran, tugas dan tanggung jawab steward sepanjang pertandingan yang digelar. Tidak hanya teori, para steward juga langsung mempraktikan dalam sebuah simulasi pengamanan pertandingan.

Setelah pengenalan dan simulasi pengamanan pertandingan oleh steward, kegiatan dilanjutkan ke sesi kedua yaitu penyampaian materi dan praktik pertolongan pertama pada kecelakaan yang melibatkan petugas paramedik. Mereka dipandu oleh personel dari PMI Kota Bandung.

Kemudian, pada sesi terakhir, dilakukan simulasi penerapan evacuation plan yang melibatkan petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung.

Direktur Operasional PT Persib Bandung Bermartabat, Muhammad Iskandar menjelaskan, pelatihan steward, simulasi penanganan pertama pada kecelakaan serta penerapan rencana evakuasi merupakan bentuk komitmen Persib. Ini demi meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam penyelenggaraan pertandingan kandang.

"Sejak awal kami berkomitmen terhadap tiga hal tersebut. Keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penonton merupakan prioritas dalam pertandingan kandang Persib," kata Iskandar.

Dengan adanya kegiatan ini, Iskandar berharap, seluruh personel yang terlibat bisa memahami dan mempraktikannya pada setiap pertandingan sesungguhnya nanti. "Kita semua berharap, seluruh pertandingan kandang kita musim ini dan musim-musim selanjutnya berjalan aman, lancar, dan nyaman," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement