Ahad 02 Jul 2023 20:32 WIB

Penuh Percaya Diri Tinggi, City Bersiap Tikung Manchester United Rekrut De Jong

City kini punya segalanya untuk lebih unggul dibandingkan MU soal perebutan pemain.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gelandang Barcelona Frenkie De Jong
Foto: EPA-EFE/Adam Vaughan
Gelandang Barcelona Frenkie De Jong

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City ternyata memiliki ambisi lebih besar usai mundur dalam perebutan tanda tangan gelandang West Ham United, Declan Rice. City mulai mempertimbangkan untuk mendatangkan gelandang asal Belanda, Frenkie de Jong, dari Barcelona.

Sebelumnya, City dilaporkan melayangkan tawaran hingga mencapai 90 juta poundsterling kepada West Ham United untuk melepas Rice. Namun, tawaran The Citizens itu ditolak oleh manajemen The Hammers. Di sisi lain, Arsenal datang dengan tawaran anyar.

Baca Juga

Begitu bernafsu mendatangkan Rice, The Gunners dilaporkan siap menebus gelandang asal Inggris itu dengan nilai transfer mencapai 105 juta poundsterling. The Hammers dikabarkan mulai tertarik dengan tawaran tersebut dan tengah berada dalam negosiasi tahap lanjut dengan The Gunners.

City, yang kehilangan Ilkay Gundogan, terus mencari tambahan gelandang anyar. Meski telah resmi mendatangkan Matteo Kovacic dari Chelsea, The Citizens masih memburu tambahan tenaga di lini tengah. Bidikan peraih tiga gelar juara pada musim ini tersebut pun tertuju pada De Jong.

''Manchester City mulai mempertimbangkan untuk melayangkan tawaran kepada Barcelona terkait kepindahan De Jong. Nilai 90 juta poundsterling, yang dibanderol Blaugrana, untuk kepindahan De Jong sepertinya bisa dipenuhi manajemen The Citizens,'' tulis laporan The Sun, Ahad (2/6/2023).

Kala melayangkan tawaran untuk Rice, City juga siap menggelontorkan dana transfer hingga mencapai 90 juta poundsterling. Biaya transfer ini rencananya akan terbagi dalam dua tahap, 75 juta poundsterling pada tahap pertama dan 15 juta poundsterling sebagai bagian dari bonus pada tahap kedua.

Bukan tidak mungkin, The Citizens akan menawarkan skema serupa dalam proposal penawaran kepada Blaugrana. Ini bukan kali pertama City, khususnya Pep Guardiola, tertarik untuk bekerjasama dengan gelandang berusia 26 tahun tersebut. 

Pada 2019 silam, Guardiola sempat dilaporkan membujuk De Jong untuk bergabung bersama The Citizens. Namun, eks gelandang Ajax Amsterdam itu lebih memilih untuk bergabung bersama Barcelona. Kala itu, De Jong ditebus Blaugrana dengan nilai transfer mencapai 75 juta euro.

Nama De Jong juga sempat terseret dalam usaha Blaugrana untuk menyeimbangkan neraca keuangan pada awal musim ini. Blaugrana dilaporkan siap melepas De Jong demi bisa menekan pengeluaran, terutama di pos gaji pemain. Manchester United disebut-sebut siap memanfaatkan kondisi tersebut.

Erik ten Hag, yang kala itu ditunjuk menukangi United, berharap bisa kembali bekerja sama dengan mantan anak asuhnya kala menukangi Ajax Amsterdam tersebut. Namun, hingga dua kali bursa transfer, De Jong, yang dikabarkan mengantongi gaji sebesar 400 ribu poundsterling per pekan tetap bertahan bersama Blaugrana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement