Senin 03 Jul 2023 17:29 WIB

Mengenal Teknik Andalan Marc Marquez Late Breaking yang Kini Justru Membawanya ke Jurang

Dulu, late breaking membuat Marquez berjaya, kini justru membuatnya tenggelam.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Marc Marquez terjatuh keras saat sesi pemanasan di MotoGP beberapa waktu lalu..
Foto:

Risiko terbesar dari gaya ini mengalami kecelakaan dan terjatuh dari motor. Kondisi ini yang berbalik menjadi kelemahan Marquez. Meski mampu mendominasi gelar juara dunia, Marquez juga kerap terjatuh. Pada sepanjang musim 2017, Marquez terjatuh sebanyak 27 kali. Marquez menjadi pembalap yang paling sering mengalami kecelakaan pada saat itu.

photo
Pembalap tim Repsol Honda Marc Marquez terjatuh setelah mengalami kecelakaan saat balapan di Grand Prix Sepeda Motor Portugal di trek balap Algarve International, Portimao, Portugal, Ahad, (26/3/2023). - (REUTERS/Marcelo Del Pozo)

Bahkan, dalam satu musim balapan, Marquez pernah terjatuh sebanyak 22 kali dari 14 seri, rasio terjatuh paling tinggi diantara semua pembalap. Meski sempat mengalami cedera, Marquez terbukti masih mampu bangkit. Pun dengan tetap mempertahankan gaya membalap yang sama. 

Namun, cedera lengan atas dan pundak pada awal musim 2020 benar-benar memukul Marquez. Sejak saat itu, Marquez sepertinya tidak pernah sama lagi. Marquez masih kesulitan untuk bisa menemukan performa terbaiknya. Absen di sebagian besar musim 2020, Marquez hanya bisa tiga kali berada di podium tertinggi pada musim berikutnya.

Pada 2022, Marquez mengalami kecelakaan saat tampil di Sirkuit Mandalika. Marquez pun didiagnonsis mengalami diplopia atau pandangan ganda. Ujungnya, Marquez tidak pernah bisa bersaing dalam perebutan gelar juara pada musim 2022. Kondisi serupa juga dialami Marquez pada musim ini.

photo
Pembalap MotoGP Marc Marquez dari Spanyol mengemudikan motornya - (AP/Jose Breton)

Marquez mengalami cedera pada awal musim 2023. Patah tulang ibu jari usai bertabrakan dengan Miguel Oliveira menjadi cerita pembuka Marquez pada musim 2023. Tidak berhenti sampati di situ, Marquez juga mengalami cedera tulang rusuk dan absen di GP Belanda, akhir pekan lalu. 

Di empat seri yang telah digelar pada musim ini, Marquez belum pernah mampu menyelesaikan balapan. Seperti pada dua musim sebelumnya, rasanya akan sangat sulit buat Marquez untuk bisa bersaing dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP pada musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement