Selasa 04 Jul 2023 22:44 WIB

Messi dan Busquets Merumput di MLS, Eks Gelandang Barcelona Janjikan Persaingan Sengit

Puiq menilai kehadiran Messi dan Busquets akan meningkatkan pamor MLS.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Sergio Busquets (kiri) dan Lionel Messi (tengah).
Foto: EPA-EFE/ENRIC FONTCUBERTA
Sergio Busquets (kiri) dan Lionel Messi (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Mantan gelandang Barcelona, Riqui Puig, menyambut kehadiran Lionel Messi dan Sergio Busquets di Major League Soccer (MLS). Gelandang Los Angeles Galaxy itu mengingatkan kepada dua mantan rekan setimnya tersebut soal tingkat kompetisi MLS.

Messi dan Busquets resmi menjadi rekrutan teranyar Inter Miami yang berlaga di wilayah Timur MLS. Puig, yang mulai membela LA Galaxy pada Agustus 2022, menilai kehadiran Messi dan Busquets akan meningkatkan pamor MLS. 

Baca Juga

Di sisi lain, merumput di MLS dapat menjadi salah satu opsi terbaik buat pemain yang berada di ujung karier. Namun, gelandang berusia 23 tahun itu tetap memberi peringatan buat Messi dan Busquets terkait level kompetisi di MLS. Berbeda dari Inter Miami, yang berada di wilayah Timur, LA Galaxy tampil di wilayah Barat MLS. 

''Liga ini memiliki tingkat kompetisi yang cukup tinggi, karena setiap tim bisa mengalahkan tim mana pun. Liga ini punya tingkat kompetisi yang cukup beragam,'' kata Puig kepada Diario AS, Selasa (4/7/2023).

Puig juga mengungkapkan adanya kendala utama buat pesepak bola asal Eropa untuk bisa beradaptasi di MLS. Menurut pemain yang memperkuat Barcelona pada 2018 dan 2022, perbedaan jarak dan zona waktu antara Eropa dan Amerika menjadi tantangan tersendiri untuk para pemain.

''Perjalanan perbedaan waktu. Dengan kondisi ini, akan sangat sulit buat pemain untuk bisa beristirahat dengan maksimal. Hal itu salah satu kendala terbesar dalam proses adaptasi saya,'' ujar alumnus tim junior Barcelona.

Inter Miami memang tengah membutuhkan tambahan tenaga anyar guna bisa mengangkat performa tim. The Herons, julukan Inter Miami, masih terpaku di dasar klasemen sementara wilayah Timur MLS. Dari 19 partai, Inter Miami hanya mampu mengoleksi 16 poin.

Di delapan laga terakhir, Inter Miami tercatat menelan tujuh kekalahan dan memetik satu hasil imbang. Selain telah memastikan perekrutan Messi dan Busquets, klub milik salah satu legenda Manchester United, David Beckham, itu juga sudah mendatangkan mantan pelatih Barcelona Gerardo Martino. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement