Rabu 05 Jul 2023 14:29 WIB

'Iri' Lihat Kemajuan PSSI, Chris John Juga Ingin Tinju Indonesia Ditolong Erick Thohir

Chris John melihat Erick Mampu menghadirkan solusi untuk tinju Indonesia.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan arahan kepada pemain timnas Indonesia saat sesi latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Ahad (18/6/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan arahan kepada pemain timnas Indonesia saat sesi latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Ahad (18/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah cukup lama Indonesia tidak memiliki petinju profesional yang mampu berbicara di tingkat dunia. Padahal Indonesia pernah melahirkan petinju yang mampu mengharumkan nama bangsa dengan menjadi juara di level internasional.

Sebut saja Ellyas Pical yang namanya begitu fenomenal, ada juga Chris John hingga Daud Jordan yang disegani lawan-lawannya ketika bertanding di atas ring. Namun kini tinju profesional kita belum lagi bergaung. Belum ada nama besar baru yang muncul, hal ini salah satu faktor utamanya adalah minim pertandingan.

Baca Juga

Legenda tinju Indonesia, Chris John mengatakan, salah satu jalan agar dunia tinju Indonesia semakin semarak dan lahir-lahir atlet-atlet berprestasi adalah dengan rutin menggelar kejuaraan tinju secara reguler. Menurut Petinju berjuluk The Dragon itu, dengan kejuaraan tinju yang rutin digelar, maka dunia tinju di Tanah Air akan kembali melahirkan bakat-bakat hebat seperti Ellyas Pical, Daud Jordan, hingga Ongen Saknosiwi.

“Seperti yang kita tahu bahwa saat ini event-event pertandingan tinju yang lebih regular itu sudah hampir tidak ada. Dan itu sangat berdampak bagi kemajuan tinju khususnya profesional di Indonesia,” kata Chris John, seperti dilansir pada Rabu (5/7/2023). 

Menurut dia, pelaksanaan pertandingan yang rutin, akan bisa membangkitkan lagi tinju profesiobal dan menemukan bakat-bakat baru. Kalau tidak seperti itu, kata dia, akan sulit sekali untuk mencetak juara dunia. "Akan terjadi lagi mati suri tinju di Indonesia,” ucap Chris John.

Ia pun tidak ragu berharap kepada Menteri BUMN Erick Thohir yang juga tokoh olahraga dan kini menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) untuk bisa turun tangan, dalam hal ini membantu dunia tinju profesional di Indonesia. "Saya kira ya mudah-mudahan ada jalan mungkin ya kalau swasta susah, ya mau tidak mau pemerintah ya, mungkin ke Pak Erick Thohir nanti," kata Chris John.

Dia mengaku memilih minta tolong ke Erick untuk bisa menunjukkan bahwa tinju adalah cabang bela diri yang bisa melahirkan juara dunia."Dan itu berarti kita punya prospek besar sekali untuk petinju Indonesia menorehkan prestasi," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement