Kamis 06 Jul 2023 12:36 WIB

Fakta Tentang Teknik Legendaris Leg Wave Valentino Rossi yang Buat Jutaan Mata Terperangah

Leg wave ini banyak ditiru tapi tak ada yang bisa sehebat Valentino Rossi.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda balapan motor dunia, Valentino Rossi mempraktikkan teknik leg wave ketika hendak memasuki tikungan dalam sebuah balapan MotoGP.
Foto:

The Doctor, julukan Rossi berduel dengan Gibernau. Pembalap Italia itu terlihat menurunkan kakinya melebar saat masuk ketikungan.

Sedangkan rider kelahiran Barcelona, Gibernau menerapkan teknik keluar dari garis putih sebelum memiringkan motornya. Hasilnya, siasat Rossi paling efektif motornya masuk hingga terjadi senggolan yang memaksa Gibernau terempas ke gravel.

Pemilik nomor 46 dengan mulus memacu motornya ke garis finish yang sudah berada di depan mata. Untuk kemudian, keluar sebagai juara seri pertama MotoGP 2005.

Pada kesempatan berbeda Rossi mengeklaim gerakan leg wave tersebut alamiah, seperti refleks ketika mengendarai kuda besi motocross melakukan pengereman.

Seraya pengakuan leg wave sebagai aksi alamiah, beberapa orang menilai aksi itu memberikan efek psikologis untuk pembalap yang melakukannya.

"Leg wave adalah evolusi dari teknik ini, menggerakkan pusat massa ke arah bagian dalam tikungan dan menjaga motor lebih tegak, memberi bobot lebih pada ban depan sehingga meningkatkan cengkeraman sampai sudut miring," sambung McVeigh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement