Kamis 06 Jul 2023 14:53 WIB

Kandidat Dirtek Baru PSSI akan Dampingi Pelatih Timnas U-17 di Jerman

Bima Sakti masih menjaring pemain yang dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-17.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat menghadiri seleksi timnas U-17 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/7/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat menghadiri seleksi timnas U-17 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir mengatakan, kandidat Direktur Teknik PSSI yang baru akan mendampingi pelatih timnas Indonesia U-17 Bima Sakti selama pemusatan latihan (TC) di Jerman pada Oktober-November 2023. Sosok tersebut masih dirahasiakan, namun Menteri BUMN itu berharap sudah bisa mengumumkan ke publik pada pekan depan.

"Dia (pendamping Bima Sakti) jadi advicer dari Jerman, mudahan-mudahan minggu depan sudah diumumkan," kata Erick usai meninjau seleksi timnas Indonesia U-17 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (6/7/2023). "Setiap hari pas di Jerman (mendampingi Bima), waktu di Indonesia mungkin datang lihat, terus Piala Dunia U-17 didampingi lagi."  

Baca Juga

Saat ini, Bima Sakti masih menjaring pemain yang akan dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-17 2023. Seleksi dilakukan baik dari Garuda Select, sembilan wilayah, hingga pemain-pemain yang sebelumnya memperkuat timnas Indonesia U-16. TC perdana akan dilakukan pada 10 Juli, kemudian TC kedua pada Agustus, dan TC final pada September-Oktober di Jerman.

"Kan makin banyak seleksi makin bagus," kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut. "Nanti dari Garuda Select juga bisa join tranining camp di Eropa tetapi kita juga tetap melihat di 9 kota lagi untuk juga bisa masuk ke TC di bulan Agustus dan nanti ke Eropa dua bulan, nanti full team ke sana."

Selain didampingi sosok yang berasal dari Jerman tersebut, Erick juga meminta Bima untuk belajar dari pelatih-pelatih lain yang lebih berpengalaman. Seperti pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri yang sukses di SEA Games 2023, juga dari pelatih tim senior, Shin Tae-yong, terutama dari segi menggenjot fisik pemain.

"Saya meminta Coach Bima belajar dari Coach Indra yang sudah sukses, belajar juga ke Shin Tae-yong mengenai fisik, kalau pelatih muda harus banyak belajar. Jangan menutup mata, seakan-akan sudah paling pintar," kata Erick menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement