Jumat 07 Jul 2023 20:16 WIB

PSSI: Liga 1 Tetap Jalan Saat Piala AFF U-23 dan Asian Games

Liga 1 baru berhenti tiga pekan dalam persiapan timnas ke Piala Asia.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah)
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memastikan kompetisi sepak bola Liga 1 musim 2023/24 tetap berjalan saat penyelenggaraan Piala AFF U-23 2023 di Thailand pada 17-26 Agustus dan Asian Games XIX/2022 (2023) di Hangzhou, China pada 23 September-8 Oktober.

"Saya sudah bertemu dengan Liga 1. Seperti yang sudah disepakati sejak awal, memang untuk AFF U-23 dan juga Asian Games, Liga 1 tidak berhenti," kata Erick dalam konferensi pers bersama Menpora Dito Ariotedjo terkait Piala Dunia U-17 di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Baca Juga

PSSI, lanjut Erick, sudah menyampaikan kepada pelatih tim nasional (timnas) Shin Tae-yong dan Indra Sjafri bahwa Piala AFF dan Asian Games adalah sasaran antara.

"Tidak mungkin memiliki cita-cita Liga 1 menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, tetapi tahun ini berhenti. Tidak mungkin," ujar Erick.

Terlebih, lanjut pria yang juga Menteri BUMN itu, Liga 1 sudah memberikan kesempatan kepada pemain timnas pada Desember dengan meliburkan kompetisi. Ini demi skuad Merah Putih bisa menjalani pemusatan latihan (pelatnas) di Turki dalam persiapan timnas senior menuju Piala Asia 2023 yang bergulir di Doha, Qatar pada 12 Januari - 10 Februari 2024.

"Liga 1 mulai 20 Desember berhenti karena ada training camp di Turki selama tiga pekan dalam persiapan timnas senior menuju AFC Asian Cup di Doha mulai Januari tahun depan," ujar Erick.

PSSI tak memberi target tinggi di Piala AFF U-23 dan Asian Games Hangzhou. Menurut Erick, dua ajang tersebut menjadi sarana untuk menambah jam terbang pemain muda.

"AFF U-23 itu tidak merupakan sasaran prioritas, tetapi justru menjadi tempat mulai membentuk tim U-23 untuk persiapan U-23 pada September ketika ada kejuaraan Asia," kata Erick.

"Lalu dilanjutkan pada Mei tahun depan untuk U-23 Asia yang merupakan kualifikasi untuk Olimpiade Paris 2024. Di antara itu ada Asian Games. Memang kami akan mengusulkan Asian Games ini untuk cikal bakal timnas U-20 yang kami prioritaskan untuk jenjang U-23," kata Erick.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement