Rabu 12 Jul 2023 16:12 WIB

Messi Isyaratkan Bakal Segera Pensiun dari Timnas Argentina

Akan ada laga perpisahan untuknya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para fans Inter Miami menyambut Lionel Messi. Sang GOAT kemungkinan segera melepas jersey timnas Argentina.
Foto: EPA-EFE/CRISTOBAL HERRERA-ULASHKEVICH
Para fans Inter Miami menyambut Lionel Messi. Sang GOAT kemungkinan segera melepas jersey timnas Argentina.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Lionel Messi sedang berproses bergabung dengan Inter Miami. Sejak Selasa (11/7/2023) ia sudah berada di Florida, Miami, Amerika Serikat.

Ia perlu menjalani semua prosedur agar resmi menjadi bagian dari the Herons. Klub Major Leagues Soccer (MLS) itu akan memperkenalkan kedatangan sang bintang pada akhir pekan ini. Tepatnya di di DRV PNK Stadium di Fort Lauderdale, Florida.

Baca Juga

Pemegang tiket musiman akan mendapat hak istimewa untuk menghadiri acara tersebut, secara gratis. Messi diprediksi melakoni debut bersama Inter pada 21 Juli 2023. Saat itu, skuad polesan Gerardo Martino jumpa klub Meksiko, Cruz Azul di Piala Liga. Sesuatu yang sudah ditunggu penikmat sepak bola Negeri Paman Sam secara umum.

Rupanya, sepak terjang La Pulga di tim nasional Argentina juga dipantau. Dalam wawancara dengan TV Publica, ia ditanya seputar kapan pensiun dari timnas. Ia mengisyaratkan waktunya sudah dekat.

Messi belum bisa menentukan tanggalnya. Namun secara personal, ia tak membutuhkan apa-apa lagi. Ia telah mendapatkan semua trofi bersama La Albiceleste.

"Saya pikir itu akan terjadi ketika harus terjadi. Setelah mencapai segalanya baru-baru ini, satu-satunya hal yang tersisa untuk dilakukan adalah menikmati. Tuhan akan mengatakan kapan saat itu akan tiba. Logikanya, karena usia saya, saya yakin itu akan segera terjadi. Tapi saya tidak tahu persis kapan waktu yang tepat," kata peraih tujuh Ballon d'Or, dikutip dari Goal International, Rabu (12/7/2023).

Usia Messi kini menyentuh angka 36. Ia baru saja menggenggam trofi Piala Dunia 2022. Di tahun yang sama ia merasakan nikmatnya medali Finalissima. Argentina menaklukkan juara Eropa, Italia di Wembley.

Pada 2021, La Pulga berjaya di Copa America. Di level yunior, ia menjuarai Piala Dunia U-20 pada 2005. Kemudian mendapat medali emas Olimpiade Beijing, tiga tahun berselang bersama tim nasional Argentina U-23.

Di level klub juga demikian. Petualangan Messi penuh dengan prestasi. Baik itu secara individu, maupun tim.

Sosok kelahiran Rosario merupakan jebolan akademi La Masia di Barcelona. Ia menembus skuad utama Blaugrana pada 2004 lalu. Hingga 2021, ia membela Raksasa Katalan dalam 778 pertandingan.

Selama periode tersebut, Messi mencetak 672 gol. Ia meraih segalanya dalam balutan kostum Barca. Itu termasuk 10 gelar La Liga Spanyol dan empat mahkota Liga Champions

Setelahnya ia bergabung dengan Paris Saint Germain. Total dua musim La Pulga berkostum PSG. Ia mencetak 32 gol dan menyumbang 35 assists.

Ia meraih beberapa gelar domestik di Prancis. Sayang, Messi belum bisa membawa Les Parisiens berjaya di Eropa. Para kritikus sering menggunakan isu ini untuk menyerang peraih pemenang Piala Dunia 2022 itu.

Setelah lepas dari PSG, La Pulga sempat dikaitkan dengan sejumlah klub. Ia menolak tawaran menggiurkan dari Arab Saudi. Ia juga enggan balik lagi ke Barcelona.

Kini petualangan baru menantinya di AS. Messi akan menjajal atmosfer MLS.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement