Kamis 13 Jul 2023 09:28 WIB

Mike Tyson Ingin Kembali ke Dunia Tinju

Tyson mendiskusikan rencananya untuk kembali pada olahraga tinju.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Legenda tinju dunia, Mike Tyson.
Foto: EPA-EFE/JOE SCARNICI
Legenda tinju dunia, Mike Tyson.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan raja ring kelas berat, Mike Tyson, ingin tetap bertahan di dunia tinju dalam kapasitas yang berbeda. Meskipun 'Iron Mike' adalah salah satu petinju yang paling dicintai sepanjang masa, namun selama bertahun-tahun ia absen dari olahraga ini.

Setelah pensiun pada tahun 2005, Tyson memutuskan untuk menjaga jarak. Pada tahun-tahun berikutnya, mantan juara dunia kelas berat sejati ini mengakui bahwa ia tidak menyukai apa yang dilakukan olahraga ini terhadap dirinya.

Baca Juga

Pada akhirnya, Tyson jarang menghadiri acara, tetapi itu sampai tahun 2020. Pada tahun itu, di tengah pandemi Covid-19, Tyson memutuskan untuk mengenakan sarung tinju dan mencoba untuk kembali bugar. Apa yang dimulai sebagai perjalanan untuk mendapatkan kondisi fisik yang lebih baik berujung pada pertarungan eksibisi melawan petinju Roy Jones Jr pada bulan November 2020.

Pada akhirnya, Tyson tetap berada di sekitar olahraga ini selama beberapa tahun terakhir. Ia bahkan menjadi tamu kehormatan pada April 2023, menghadiri kemenangan Gervonta Davis atas Ryan Garcia.

Dalam sebuah wawancara dengan The Ring, Tyson mendiskusikan rencananya untuk kembali pada olahraga tinju. Ia meluncurkan rangkaian peralatan tinju baru, termasuk sarung tinju, pembungkus tangan, dan banyak lagi.

"Saya yakin perlengkapan saya sama bagusnya dengan perlengkapan mana pun di dunia, bahkan lebih bagus. Sarung tangan saya memiliki bantalan yang bagus dan ringan. Tutup kepalanya sangat ringan, nyaman. Saya meminta orang-orang untuk berlatih dengan gear ini, dan mereka menyukai sarung tangan dan gear-nya. Hanya itu yang saya dengar. Saya ingin tetap terlibat dalam olahraga ini dan itulah mengapa saya menyumbangkan sesuatu pada olahraga ini dengan perlengkapan saya," kata Tyson seperti dikutip dari Sportskeeda, Kamis (13/7/2023).

Tyson lantas menyebutkan petinju yang paling mirip dengan dirinya. Pemeluk agama Islam itu percaya bahwa Isaac Cruz, bukan Gervonta Davis, adalah petinju yang paling mirip dengan dirinya saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement