Jumat 14 Jul 2023 06:18 WIB

Ditekuk Thailand di Semifinal Piala AFF U-19 Putri, Erick Thohir Puji Perlawanan Indonesia

Timnas Indonesia putri U-19 harus tampil dengan 10 pemain sejak menit kelima.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) memberikan motivasi kepada pemain timnas U-19 usai semifinal Piala AFF Putri U-19 2023, Kamis (13/7/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) memberikan motivasi kepada pemain timnas U-19 usai semifinal Piala AFF Putri U-19 2023, Kamis (13/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pertandingan semifinal Piala AFF U-19 Putri 2023 Palembang berakhir dengan kemenangan tim nasional (timnas) Thailand 7-1 atas tuan rumah Indonesia, Kamis (13/7/2023).  Namun, perjuangan timnas putri Indonesia U-19 yang terus memberikan perlawanan hingga pertandingan berakhir merupakan poin yang perlu diberi penghargaan.

Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan, tim putri sungguh luar biasa karena telah mencetak sejarah, pertama kali masuk semifinal.

Baca Juga

"Saya melihat, kita sudah tidak mungkin seri, dan tidak mungkin juga menang. Tetapi mereka masih mau berjuang. Itu yang penting," kata Erick, Jumat (14/7/2023).

Dengan hasil pertandingan yang  berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (13/7/2023) tersebut, maka timnas putri Indonesia akan memperebutkan posisi ketiga melawan Myanmar di stadion yang sama, Sabtu (15/7/2023). Adapun Thailand akan ke partai final untuk menjajal Vietnam di hari yang sama.

Dalam pertandingan Indonesia kontra Thailand, tekanan mulai terasa saat menit kelima saat penjaga gawang utama Indonesia Fani Supriyanto harus keluar lapangan karena kartu merah. Posisinya diganti kiper cadangan Shesilia Putri. Skuad Garuda Muda Pertiwi harus bermain dengan 10 pemain.

Menit 14,  gawang Indonesia kebobolan 0-1 dalam kemelut yang dimanfaatkan pemain tengah Thailand, Thawanrat Promthongmee.

Namun, penyerang Indonesia, Claudia Scheunemann mampu membalas di menit ke-24 melalui tendangan keras yang tak sanggup ditepis dengan baik oleh penjaga gawang Thailand, Chalisa Phungoen. Skor berubah menjadi 1 - 1.

Skor kembali berubah di menit 28 saat gol disarangkan pemain nomor 10 Thailand, Praewa Nudnabee. Gol selanjutnya tercipta kembali pada menit ke-30, sehingga kedudukan menjadi 1-3.

Gol kembali tercipta ketika babak kedua baru berjalan semenit atau menit ke-46, saat penyerang Thailand, Anaphon Amanpong, melesakkan tendangan ke gawang Indonesia. Skor berubah menjadi 1-4.

Thailand mempertebal kemenangannya lewat gol Chattaya Pratumkul di menit ke 62. Skor menjadi 1-5. Tim Gajah Putih kembali menambah poin di menit ke-70 melalui tendangan Thawanrat Promthongmee. Sehingga mengubah skor menjadi 1-6.

Tak berhenti di situ, Thailand masih menambah gol lagi lewat tendangan bebas penyerang Natcha Kaewanta di menit ke- 87.  Skor akhir menjadi 1-7.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement