Kamis 20 Jul 2023 17:40 WIB

Bermain Sebentar di Babak Pertama, Adaptasi Fajar/Rian Belum Maksimal

Fajar/Rian mengaku masih beradaptasi dengan lapangan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto.
Foto: Republika/Prayogi
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengaku masih belum maksimal dalam beradaptasi di Korea Open 2023. Pasalnya, di babak pertama kemarin Fajar/Rian hanya bermain sebentar karena lawan mengundurkan diri saat skor 1-1.

Meski begitu, Fajar/Rian mampu lolos ke babak perempat final turnamen berhadiah 420 ribu dollar AS ini. Di babak kedua Kamis (20/7/2023) di Jinnam Stadium Yeosu Korea, Fajar/Rian menang atas wakil Chinese Taipei, Lu Ching Yao/Yang Po Han, 21-19, 21-15.

Baca Juga

"Pertama-tama mengucap syukur Alhamdulillah hari ini bisa menyelesaikan pertandingan dengan lancar, tanpa cedera dan diberikan kemenangan. Lawan bermain cukup bagus terutama di gim pertama. Mereka terus menekan kami dengan bola-bola drive," ujar Rian.

Rian mengaku masih beradaptasi dengan lapangan karena kemarin belum bermain penuh di babak pertama. Masih belajar dengan kondisi angin dan shuttlecock. "Itu juga yang membuat kami masih melakukan kesalahan-kesalahan sendiri. Ini menjadi evaluasi kami untuk pertandingan selanjutnya," jelas dia.

Fajar menambahkan, semua tahu pasangan Chinese Taipei punya power yang sangat kuat tapi karena sudah sering bertemu. Ia juga menonton pertandingan Yao/Han melawan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

"Jadi tadi kami coba meredam dengan sabar mengatur serangan dan banyak memberikan penempatan bola halus. Hari ini servis panjang saya juga merepotkan karena saya lihat lawan menjaga di depan sekali dan akhirnya mungkin tidak terlalu siap," kata Fajar menjelaskan. "Kami harus menjaga fokus dan stamina. Sudah masuk delapan besar faktor tersebut sangat berpengaruh. Siapa yang lebih siap, dia yang akan menang."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement