Jumat 21 Jul 2023 06:55 WIB

Hanya Satu Laga, Timnas Indonesia akan Lawan Turkmenistan di FIFA Matchday

Alasan hanya ada satu pertandingan FIFA Matchday adalah karena padatnya jadwal timnas

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah).
Foto: dok pssi.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jadwal FIFA Matchday timnas Indonesia edisi September telah disiapkan. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan hanya akan ada satu pertandingan dalam agenda uji coba yang masuk kalender FIFA tersebut, yakni melawan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada 8 September 2023. 

Alasan hanya ada satu pertandingan FIFA Matchday adalah karena padatnya jadwal timnas Indonesia. Agenda FIFA Matchday beririsan dengan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung pada 4-12 September 2023 di mana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah Grup K di Solo.

Baca Juga

Erick menyadari, mayoritas pemain timnas Indonesia adalah pemain muda. Tarik menarik antarpemain ini yang membuat kesulitan jika ada agenda yang beririsan. Jadwal tanding timnas Indonesia U-23 adalah pada 9 dan 12 September 2023.

"Artinya kita akan isi satu pertandingan tanggal 8 (september), lawan Turkmenistan, itu nanti di GBT Surabaya. Hanya satu tidak dua, karena ada AFC U-23. Kita harus pastikan pemain ini bisa mengisi program-program pertandingan pada bulan September," kata Erick, Kamis (20/7/2023).

Di sisi lain, sebelumnya sempat muncul wacana untuk memaksimalkan pemain Timnas U-23 pada uji coba FIFA Matchday edisi September, dengan memaksimalkan jadwal kosong di babak kualifikasi Piala Asia. Namun Erick tidak bisa memastikan pemain mana yang akan dipilih pelatih Shin Tae-yong untuk uji coba nanti.

"Lawan Turkmenistan yang saya mengerti itu tim senior di tanggal 8 di Surabaya. Namun  apakah ada irisan dengan timnas U-23, saya tidak tahu. Yang pasti sudah ada kesepakatan dengan coach Shin Tae-yong bahwa tanggal 8 kita melawan Turkmenistan yang tim senior. Lalu melawan China Taipei tanggal 9 (Timnas U-23 Kualifikasi Piala Asia U-23), dan lawan Turkmenistan lagi (U-23) tanggal 12, jadi ada jeda," ujarnya menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement