Selasa 25 Jul 2023 06:55 WIB

Pesepak Bola Pertama Inggris Bernilai Rp 19 Miliar Meninggal karena Serangan Jantung

Trevor menjadi pemberitaan utama ketika pindah dari Birmingham ke Forest pada 1979.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Mantan striker timnas Inggris dan Nottingham Forest, Trevor Francis, meninggal dunia
Foto: nottinghamshire live
Mantan striker timnas Inggris dan Nottingham Forest, Trevor Francis, meninggal dunia

REPUBLIKA.CO.ID, MARBELLA -- Mantan pemain depan timnas Inggris Trevor Francis meninggal dunia di usia 69 tahun akibat serangan jantung, Senin (24/7/2023) waktu setempat. Trevor adalah pemain Inggris pertama yang bernilai 1 juta poundsterling atau sekitar Rp 19,2 miliar.

Trevor memulai kariernya di Kota Birmingham pada 1970 sebelum bermain di beberapa klub terutama Nottingham Forest, Manchester City, dan Sheffield Wednesday. Trevor menjadi pemberitaan utama ketika pindah dari Birmingham ke Forest pada 1979 dengan harga 1 juta poundsterling. Salah satu momen bersejarahnya adalah mencetak gol kemenangan di final Piala Eropa tahun itu melawan Malmo. Kini sang pemain telah tiada.

Baca Juga

"Trevor Francis telah meninggal pada usia 69 tahun. Dia mengalami serangan jantung di apartemennya di Spanyol pagi ini. Atas nama keluarga, ini menjadi kejutan besar bagi semua orang. Kami semua sangat kecewa. Dia adalah pesepak bola legendaris tapi dia juga orang yang sangat baik,” demikian bunyi pernyataan keluarga, dilansir dari ESPN, Selasa (25/7/2023).

Trevor mencatatkan 52 pertandingan dan mencetak 12 gol untuk Inggris antara tahun 1977-1986. Di level klub, ia memenangkan Piala Eropa 1979 dan 1980 dan Piala Super Eropa pada 1979 bersama Forest di bawah kepelatihan Brian Clough. Ia juga memenangkan Coppa Italia bersama Sampdoria pada 1984/1985.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) menyampaikan belasungkawanya atas kepergian mantan pemain Inggris itu. Dalam pernyataannya, FA turut bersedih atas meninggalnya Trevor. "Kami ingin menyampaikan simpati kepada semua keluarga dan teman Trevor.”

Nottingham Forest juga menyampaikan rasa sedihnya mendengar sang legendanya meninggal dunia. Forest menyampaikan nama Trevor tidak akan pernah terlupakan. Manchester City pun turut mengucapkan berduka cita.

"Manchester City sangat sedih atas meninggalnya mantan pemain kami, Trevor Francis. Doa kami bersama teman-teman dan keluarga Trevor pada saat yang sulit ini,” demikian pernyataan resmi Man City.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement