Selasa 25 Jul 2023 08:27 WIB

Ditanya Siapa yang Terbaik, Ronaldo atau Messi, Legenda Tenis Ini tak Bisa Menjawab

Pertanyaan soal Messi dan Ronaldo sejatinya sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi (kanan). Bintang tenis dunia Rafael Nadal ikut dalam perdebatan tentang siapa di antara Ronaldo dan Messi yang merupakan pesepak bola terbaik dunia.
Foto: Dok Republika
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi (kanan). Bintang tenis dunia Rafael Nadal ikut dalam perdebatan tentang siapa di antara Ronaldo dan Messi yang merupakan pesepak bola terbaik dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Bintang tenis dunia Rafael Nadal ikut dalam perdebatan tentang siapa di antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang merupakan pesepak bola terbaik dunia. Pertanyaan ini sejatinya sudah berlangsung bertahun-tahun yang lalu dan disodorkan kepada tokoh-tokoh olahraga, termasuk Nadal.

Jawabannya tentu bervariasi tergantung siapa yang menjawabnya. Sebagian orang menyebut Ronaldo adalah yang terbaik. Namun di sebagian lain Messi lebih baik daripada kapten timnas Portugal tersebut. Lalu bagaimana dengan Nadal?

Baca Juga

Legenda tenis asal Spanyol yang memenangkan 22 gelar Grand Slam tersebut ditanya oleh beberapa penggemar tentang siapa favorit antara Ronaldo dan Messi. Ia tidak menjawabnya secara terang-terangan. Dilansir Marca, Selasa (25/7/2023), Nadal sedikit menimbang-nimbang Messi. Tetapi Nadal juga menunjukkan sebagai penggemar Real Madrid.

Ronaldo dan Messi adalah dua sosok superstar di dalam sepak bola selama lebih dari satu dekade terakhir. Keduanya memiliki fan masing-masing yang sangat fantastis di seluruh dunia. Hal tersebut tak lepas dari prestasi Messi dan Ronaldo bersama klub dan negaranya maupun secara individu.

Puncak persaingan terjadi ketika keduanya sama-sama ada di kompetisi La Liga Spanyol. Ronaldo memperkuat Real Madrid, sedangkan Messi dengan Barcelona. Keduanya juga mendominasi penghargaan pemain terbaik dunia (Ballon d’Or) selama bertahun-tahun.

Di level timnas, Ronaldo dan Messi juga berprestasi. Ronaldo terlebih dahulu mempersembahkan gelar bergengsi yakni Euro 2016. Namun Messi akhirnya menyalip pencapaian Ronaldo di level timnas dengan menjuara Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022.

Kini dua Greatest of All Time (GOAT) tersebut telah hengkang dari sepak bola Eropa. Ronaldo memperkuat Al-Nassr di Arab Saudi pada Januari 2023 lalu setelah kontraknya bersama Machester United diakhiri sesuai kesepakatan bersama. Sedangkan Messi merapat ke Amerika Serikat bersama Inter Miami musim panas ini usai tidak menandatangani perpanjangan kontrak di Paris Saint-Germain (PSG).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement