Kamis 27 Jul 2023 15:27 WIB

Romansa Sinead O'Connor dalam Kerinduan dan Nyanyian Sepak Bola

Sinead menciptakan lagu yang membawa pesan berarti lainnya berjudul 'Red Football'.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Sinead O'Connor. Lagu yang membawa pesan berarti lainnya oleh Sinead berjudul  'Red Football'.
Foto: KEYSTONE
Sinead O'Connor. Lagu yang membawa pesan berarti lainnya oleh Sinead berjudul 'Red Football'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wanita berkepala plontos dengan gaya nyentrik Sinead O'Connor sempat menjadi arus utama dalam panggung musik dunia. Apalagi saat ia berhasil menunggangi lagu ciptaan Prince 'Nothing Compares 2 U'.

Banyak orang meyakini bahwa tembang ini bagian dari lagu patah hari terbaik sepanjang masa.  Dalam video Nothing Compares 2U, wanita asal Irlandia yang tampil plontos menatap langsung ke kamera, seperti berbicara dengan seseorang yang dicintai untuk menyampaikan permintaan yang emosional.

Baca Juga

Dalam wawancaranya bersama BBC Radio 6 beberapa waktu lalu, penyanyi yang resmi menjadi mualaf pada akhir 2018 itu mengatakan, tidak pernah bisa menyanyikan sebuah lagu yang secara emosional tidak dapat mengidentifikasinya.

"Sebuah lagu bukan hanya sebatas catatan tapi juga emosi dan pesan," kata O'Connor.

Lagu yang membawa pesan berarti lainnya adalah 'Red Football'. Lagu ini diciptakan sendiri oleh Sinead O'Connor dan muncul sebagai trek keenam dalam album keempat yang bertajuk Universal Mother.

Isi yang terkandung dalam lirik lagu Red Football mengungkapkan di mana seseorang bukanlah 'komoditi' bagi khalayak luas, diperjualbelikan.

O'Connor memang terkenal dengan pengarang lagu bertema kelam, depresi, dan suara minor dari dalam diri. Ia merepresentasikan hal itu ke dalam suatu lagu untuk dapat mewakili perasaan banyak orang.

Album Universal Mother sendiri bergenre alternative-rock dirilis pada 13 September 1994 melalui label Ensign Records dan Chrysalis Records.

Sinead O'Connor kini telah tiada. Penyanyi yang dekat dengan berbagai kontroversi itu menghembuskan nafas terakhir pada usia 56 tahun, Rabu (26/7/2023).

Kehidupannya berubah drastis ketika sang putra memilih untuk mengakhiri hidupnya lantaran mengalami persoalan kesehatan mental.

Kini waktu yang ditunggu Sinead untuk kembali bertemu sang anak, Nesta Ali Shane O'Connor, telah tiba. Bagian romansa bertalu-talu muncul dengan kerinduan sang ibu berpangku dengan senyum manis Shane.

Selamat jalan Sinead O'Connor. Akan banyak orang yang melantunkan lagu 'Nothing Compares 2 U' semalam suntuk dengan mengingat kisah hidupmu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement