Rabu 02 Aug 2023 18:36 WIB

Jordi Alba: Barcelona, Pertahankanlah Dembele

Dembele adalah tipikal striker yang akan sulit dicari lagi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penyerang Barcelona Ousmane Dembele.
Foto: AP Photo/Jeffrey McWhorter
Penyerang Barcelona Ousmane Dembele.

REPUBLIKA.CO.ID, MIAMI -- Mantan bek sayap Barcelona Jordi Alba menyarankan mantan klubnya untuk tidak melepas Ousmane Dembele pada jendela transfer musim panas tahun ini. Dembele, kata Alba, masih bisa menjadi salah satu pemain yang menghadirkan perbedaan pada permainan klub asal Katalan tersebut. 

Dembele begitu santer dikabarkan masuk dalam radar Paris Saint Germain (PSG). Les Parissiens berharap bisa membawa kembali Dembele untuk merumput di Ligue 1. Setelah ditinggal Lionel Messi dan berpotensi kehilangan Kylian Mbappe, PSG dilaporkan membutuhkan tambahan amunisi di lini serang. 

Baca Juga

Dembele, yang mengawali karier di Rennes, muncul sebagai pemain incaran PSG. Meski telah melewati tenggat waktu untuk mengaktifkan klausa pelepasan winger berusia 26 tahun itu, PSG dilaporkan akan tetap berusaha mendatangkan Dembele. 

Upaya itu termasuk dengan menyiapkan dana transfer sebesar 50 juta euro. Namun, Alba menilai Barcelona akan kesulitan mencari pemain pengganti apabila nantinya melepas Dembele. 

Alba, yang meninggalkan Barcelona dengan status free transfer pada akhir bulan Juni, mengatakan, mantan winger Borussia Dortmund itu masih memiliki kemampuan untuk menjadi andalan Blaugrana pada musim ini. 

''Itu (potensi kepergian Dembele) terasa tidak menyenangkan karena dia adalah pemain pembeda. Saya mungkin belum berbicara dengan siapa pun di Barcelona terkait hal ini. Saya hanya mengetahui semua kabar itu dari media. Namun, saya berharap dan ingin tetap melihat dia bertahan (di Barcelona),'' ujar Alba kepada Sport, Rabu (2/8/2023). 

Alba berbagi lapangan dengan Dembele dalam enam musim terakhir kiprahnya bersama Blaugrana. Setelah memutuskan meninggalkan Blaugrana, bek sayap kiri berusia 34 tahun itu akhirnya memilih untuk menerima pinangan Inter Miami. Alba resmi diperkenalkan sebagai penggawa anyar Inter Miami pada Selasa (1/8/2023) waktu setempat. 

Di klub milik salah satu legenda Manchester United, David Beckham, tersebut, Alba akan bereuni dengan mantan rekan setimnya di Barcelona, Lionel Messi, dan Sergio Busquets. Tidak hanya itu, mantan bek sayap timnas Spanyol itu juga akan kembali bekerja sama dengan Gerardo Martino, yang pernah menangani Blaugrana pada 2013/2014. 

Alba pun tidak menampik, kehadiran Messi, Busquets, dan Martino menjadi salah satu alasan untuk menerima pinangan Inter Miami. Tidak hanya itu, Alba juga terkesan dengan upaya yang dilakukan Inter Miami untuk mendatangkannya. Alba diketahui menandatangani kontrak kerja sama berdurasi satu setengah tahun dengan Inter Miami. 

''Meski mendapatkan tawaran dengan nilai uang yang lebih besar, saya lebih memilih untuk bergabung dengan klub yang memiliki proyek besar. Saya merasa ini keputusan yang tepat. Saya juga senang kembali bereuni dengan Messi dan Busi (Busquets),'' kata Alba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement