Kamis 03 Aug 2023 20:17 WIB

Xavi Akui Sudah Tahu Dembele Ingin Pergi

Xavi pun sudah menyiapkan antisipasi jika Dembele pergi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penyerang Barcelona Ousmane Dembele.
Foto: AP Photo/Jeffrey McWhorter
Penyerang Barcelona Ousmane Dembele.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, mengakui, Ousmane Dembele sudah mengungkapkan keinginan untuk bergabung bersama Paris Saint Germain (PSG). Kendati kecewa dengan sikap dan keputusan winger asal Prancis itu, Xavi menyebut, Blaugrana sudah menyiapkan skenario sebagai bentuk antisipasi kepergian Dembele tersebut. 

Dembele, yang masih menyisakan sisa durasi kontrak selama setahun bersama Blaugrana, tetap disertakan dalam skuad klub asal Katalan itu dalam tur pra-musim ke Amerika Serikat. 

Baca Juga

Sempat tampil di laga kontra Real Madrid, Dembele tidak diturunkan saat Barcelona menundukan AC Milan, 1-0, Rabu (2/8/2023) waktu setempat. Pascalaga tersebut, Xavi mengungkapkan, Dembele kemungkinan besar akan meninggalkan Blaugrana pada jendela transfer musim panas tahun ini. 

Blaugrana, kata Xavi, tidak bisa berbuat apa-apa untuk menandingi tawaran yang diajukan manajemen PSG kepada Dembele. Tidak hanya dengan Presiden PSG, Nasser Al Khelaifi, Dembele disebut juga sudah melakukan komunikasi dengan pelatih anyar Les Parrisiens, Luis Enrique. 

Selain terkejut, Xavi juga mengaku kecewa dengan keputusan eks winger Borussia Dortmund untuk meninggalkan Blaugrana tersebut. 

''Itu meninggalkan rasa pahit di mulut saya, karena kami telah berusaha agar dia (Dembele) merasa bahagia di sini. Ada sedikit kekecewaan. Kami tidak bisa bersaing dengan tawaran yang mereka (PSG) laayangkan kepada Dembele,'' ujar Xavi kepada Revelo.

Pelatih berusia 43 tahun itu mengakui, kepergian mantan winger Rennes itu akan sedikit berpengaruh pada kekuatan Blaugrana pada musim ini. Namun, Xavi menegaskan, Barcelona sebenarnya sudah menyiapkan skenario apabila nantinya winger berusia 26 tahun itu benar-benar meninggalkan Stadion Camp Nou. 

''Kehilangan Dembele tentu akan melemahkan kami. Namun, kami sudah menyiapkan skenario sebagai bentuk antisipasi apabila hal itu terjadi. Kami tetap harus memperkuat tim ini,'' kata mantan pelatih Al Sadd tersebut. 

Skenario ini agaknya merujuk pada upaya Barcelona untuk bisa mencari pengganti Dembele. Sebelumnya, Barcelona disebut-sebut mulai membuka kemungkinan untuk mendatangkan winger Atletico Madrid, Joao Felix. Bukan tidak mungkin, biaya transfer Dembele, yang dikabarkan mencapai 50 juta euro, akan digunakan Blaugrana untuk merekrut Felix.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement