Sabtu 05 Aug 2023 15:05 WIB

Aleix Espargaro Pimpin Sesi Latihan Bebas MotoGP Inggris

Aleix mampu mengatasi kondisi dingin yang tidak sesuai perkiraan cuaca dan musim.

Pembalap MotoGP asal Spanyol Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing.
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Pembalap MotoGP asal Spanyol Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, memuncaki waktu tercepat pada sesi latihan bebas MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Jumat (4/8/2023) waktu setempat. Dikutip dari AFP, Sabtu (5/8/2023), Aleix mampu mengatasi kondisi dingin yang tidak sesuai perkiraan cuaca dan musim, dan membukukan waktu 1 menit 58,183 detik.

Espargaro lebih cepat 0,671 detik dari Jorge Martin (Prima Pramac), dan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) mengikutinya di posisi ketiga dengan selisih 0,715 detik.

Baca Juga

Di posisi keempat, ada rekan satu tim Aleix yaitu Maverick Vinales, sementara di posisi kelima ada Johann Zarco (Prima Pramac). Keduanya juga terpaut tipis dari sang pemimpin balapan dengan masing-masing 0,721 detik dan 0,760 detik saja.

Juara dunia Francesco Bagnaia berjuang untuk mempertahankan dominasinya seperti pada MotoGP Inggris tahun lalu. Ia membukukan waktu terbaik di urutan keenam pada sesi latihan tersebut dengan selisih waktu 0,030 detik dari Zarco. Pembalap yang akrab disapa Pecco itu memimpin klasemen pembalap dengan 35 poin dari Martin menjelang putaran kesembilan dari 20 balapan musim ini.

Lebih lanjut, Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Ducati) menjadi yang tercepat di sesi pagi. Namun, ia kehilangan keseimbangan dan terjatuh dengan waktu tersisa sekitar lima menit. Meskipun beberapa kali terjatuh, ia bertahan untuk finis di urutan ketujuh pada sesi terakhir dengan 0,835 detik dari Espargaro.

Melengkapi 10 besar, ada Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) yang terpaut 1,018 detik; Luca Marini (Mooney VR46 Ducati) dengan +1,063 detik; dan Alex Marquez (Gresini Racing) dengan selisih waktu 1,115 detik.

Sementara itu, grid MotoGP menyambut kembalinya Pol Espargaro, pembalap Spanyol dan adik laki-laki Aleix yang kembali setelah menderita cedera serius menyusul kecelakaan hebat pada akhir pekan pembukaan di Portugal pada bulan Maret 2023.

Pada hari kedua MotoGP Inggris, selain sesi kualifikasi juga akan ada sesi balapan Sprint.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement