Senin 07 Aug 2023 10:46 WIB

Selalu Gagal Finis dan 4 Kali Jatuh di MotoGP Musim Ini, Marquez Merasa Lebih Pede, Lah?

Marquez gagal menyelesaikan balapan pada GP Silverstone, Inggris, Ahad (6/8/2023).

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez (kiri) saat balapan di Grand Prix of Great Britain di Silverstone, Inggris, Ahad (6/8/2023).
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Pembalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez (kiri) saat balapan di Grand Prix of Great Britain di Silverstone, Inggris, Ahad (6/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SILVERSTONE -- Marc Marquez gagal menyelesaikan balapan pada GP Silverstone, Inggris, Ahad (6/8/2023) malam WIB. Rider MotoGP dari tim Repsol Honda itu terjatuh di lap ke-15.

Marquez sempat berhasrat untuk tampil sebaik mungkin. Ia start dari posisi ke-14. Setelah beberapa tikungan ia mengalami kemunduran karena kontak dengan Franco Morbidelli.

Baca Juga

Meski demikian, pria Spanyol ini sempat naik ke urutan ke-10. Saat hujan mulai turun ia sedikit keteteran. Ia dilewati pembalap Ducati, Enea Bastianini.

Marquez terlibat pertarungan dengan Bastianini. Juara dunia delapan kali itu terjatuh. Sementara pesaingnya mengalami kerusakan motor.

Keempat kalinya Marquez pun mengalami kecelakaan pada Moto GP tahun ini. Di kesempatan lain, ia juga gagal mengikuti balapan karena cedera. Sang jawara benar-benar terpuruk.

"Saya senang dengan apa yang terjadi di akhir pekan karena targetnya adalah untuk sedikit kembali membangun kepercayaan diri dan mencoba menemukan basisnya," kata pembalap 30 tahun itu, dikutip dari crash.net, Senin (7/8/2023).

Kepercayaan diri Marquez sudah kembali. Namun, untuk menemukan basis, ia butuh lebih banyak balapan lagi. Ia ingin merasakan berbagai lintasan dan situasi yang berbeda.

Kendati terjatuh, Marquez merasa tampil solid dan stabil di GP Inggris itu. Ia bisa menguasai diri dengan baik. Ia memahami kondisi mencium aspal di lintasan sangat tidak menguntungkan. Tapi itu biasa terjadi di balapan.

"Tapi permasalahanya sayap motor saya patah di lap pertama, jadi saya kehilangan banyak akselerasi, dan cara menghentikan motor sangat sulit," ujar Marquez.

Marquez mencoba tetap tenang di situasi demikian. Ia mempertahankan ritme seperti di latihan. Kemudian hujan turun.

Marquez lantas terlibat sedikit pertarungan dengan Bastianini. The Baby Alien terjatuh. Bastianini sempat terus melaju, kendati pada akhirnya rider Ducati itu gagal finis. "Ini jenis kecelakaan yang membuat saya tidak kehilangan kepercayaan diri," kata Marquez.

Setelah GP Inggris, andalan tim Honda itu semakin sulit mengejar para pesaingnya. Marquez tertahan di tangga ke-19 klasemen sementara dengan baru mengantongi 15 poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement