Selasa 15 Aug 2023 19:03 WIB

Impresi Berbeda Ten Hag Terhadap 2 Debutan MU di Laga Vs Wolves

Ten Hag menyebut peran besar Onana dalam keberhasilan MU catatkan clean sheet.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Manchester United (MU), Erik ten Hag.
Foto: EPA-EFE/ASH ALLEN
Pelatih Manchester United (MU), Erik ten Hag.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mason Mount dan Andre Onana tidak perlu menunggu waktu lama untuk melakoni debut di laga kompetitif bersama Manchester United (MU). Mount dan Onana menjadi starter saat Iblis Merah melewati adangan Wolverhampton Wanderers, 1-0, pada pekan pembuka Liga Primer Inggris musim ini, Selasa (15/8/2023) dini hari WIB.

Dalam laga di Stadion Old Trafford tersebut, pelatih MU, Erik ten Hag, menerapkan formasi 4-1-4-1. Skema ini sedikit berbeda dibanding pada musim lalu, kala Ten Hag begitu gandrung dengan formasi 4-2-3-1.

Baca Juga

Dalam formasi anyar tersebut, Mount ditempatkan sejajar dengan Antony, Bruno Fernandes, dan Alejandro Garnacho. Empat pemain tersebut berada di belakang Marcus Rashford, yang diplot sebagai ujung tombak serangan. Sedangkan Casemiro ditempatkan di depan lini belakang sebagai gelandang bertahan tunggal.

Hasilnya, Man United mampu mengendalikan permainan dan terus menebar ancaman ke gawang tim tamu. Namun, Iblis Merah hanya bisa mencetak satu gol setelah melepaskan total 23 tembakan.

Jumlah total tembakan ini menjadi jumlah tembakan terbanyak yang dilepaskan Man United di Stadion Old Trafford dalam pentas Liga Primer Inggris sejak November 2005 silam. Gol kemenangan MU dicetak via tandukan Raphael Varane pada menit ke-75.

Secara khusus, Ten Hag memiliki penilaian berbeda terhadap penampilan Mount dan Onana di laga tersebut. Pelatih asal Belanda itu sepertinya tidak memiliki kesan yang cukup positif terhadap performa Mount.

''Dia setidaknya sudah melakukan tugasnya dan penampilannya cukup moderat. Dia sudah bermain cukup baik,'' kata Ten Hag seperti dilansir Manchester Evening News, Selasa (15/8/2023).

Dalam sejumlah momen di laga tersebut, lini tengah Man United memang sempat terlihat kewalahan menghadapi agresivitas dan determinasi para gelandang Wolves. Casemiro terlihat bekerja begitu keras dan seolah sendirian dalam memotong serangan Wolves.

Alhasil, Wolves sempat mencatatkan sejumlah peluang emas. Beruntung buat MU, peluang-peluang tim besutan Garry O'Neil itu, yang banyak didapatkan dari serangan balik cepat, masih mampu dimentahkan oleh Andre Onana.

Langsung merumput sebagai starter, Onana menjaga kepercayaan itu dengan penampilan solid di bawah mistar gawang. Penjaga gawang yang direkrut dari Inter Milan itu tercatat melakukan enam penyelamatan gemilang di sepanjang laga tersebut.

Ten Hag pun menyebut peran besar Onana dalam keberhasilan MU mencatatkan clean sheet dan menjaga keunggulan hingga laga berakhir. ''Beruntung, kami bisa bertahan dengan baik saat menghadapi serangan balik cepat mereka (Wolves). Dengan kehadiran Andre Onana, kami bisa melakukan sejumlah penyelamatan gemilang,'' ujar mantan pelatih Ajax Amsterdam tersebut.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement