Kamis 17 Aug 2023 12:28 WIB

Ini Asal Usul Ritual Legendaris Footpeg Valentino Rossi Sebelum Memacu Motor di Lintasan

Semua berawal dari wearpack Rossi yang tak seukuran tubuhnya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda MotoGP Valentino Rossi melakukan ritual khasnya footpeg sebelum balapan di seri MotoGP Jerez, Spanyol.
Foto: EPA/ROMAN RIOS
Legenda MotoGP Valentino Rossi melakukan ritual khasnya footpeg sebelum balapan di seri MotoGP Jerez, Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, URBINO -- Valentino Rossi memiliki banyak kebiasaan unik sebelum bertarung di lintasan. Salah satunya adalah ritual footpeg.

Secara mendetail, saat keluar dari pit, Rossi membungkuk. Ia lalu menyentuh ujung sepatu dengan tangan. Ia kemudian mendekat ke motornya, berjongkok, menundukkan kepala sambil memegang footpeg di sisi kanan kuda tunggangannya.

Baca Juga

Sosok yang dijuluki the Doctor itu selalu melakukan tindakan ini sebelum melaju di aspal arena. Baik itu di sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga balapan. Dalam sebuah wawancara ia mengakui kebiasannya bukan karena alasan tahayul.

"Awalnya saya tidak memiliki baju balap sesuai ukuran tubuh saya. Saya berjongkok agar lebih pas. Saya terus melakukannya dan menjadi ritual untuk berkonsentrasi," kata Rossi dalam narasi yang dikutip dari youtube, Kamis (17/8/2023).

Sejak memasuki dunia balapan profesional, Rossi sempat memakai kostum yang terlalu ketat. Ia butuh sedikit peregangan. Itulah mengapa ia berjongkok.

Berjalannya waktu, ia terus berprestasi. Ia mulai mendapat pelayanan istimewa. Itu termasuk ukuran pakaiannya. Rossi tak lagi merasakan gangguan dari wearpack. Namun yang bersangkutan tetap mempertahankan ritualnya. Itu demi mengelola fokusnya agar menjadi lebih baik.

Ritual Rossi meniru Ferrari ...

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement