Jumat 18 Aug 2023 13:32 WIB

Pundit Nilai Mbappe dan Haaland Penerus Persaingan Ronaldo dan Messi

Mbappe harum di level timnas, sementara Haaland berjaya di klub.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pemain Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe
Foto: AP
Pemain Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Era persaingan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tampaknya akan segera berakhir. Dua superstar yang bersaing dalam perebutan gelar individu maupun kesuksesan di klub dan tim nasional telah terjadi selama bertahun-tahun. Perdebatannya tentang siapa yang terbaik hingga kini masih berlangsung.

Namun seiring dengan usia mereka yang sudah tua untuk ukuran pesepakbola profesional dan sama-sama hengkang dari Eropa, era Ronaldo dan Messi dipandang akan berakhir. 

Baca Juga

Kini, sudah ada penerus persaingan mereka. Pengamat sepak bola dari CBS Sports, Nico Cantor melihat Erling Haaland dan Kylian Mbappe adalah calon penerus persaingan Ronaldo dan Messi. Menurutnya kedua pemain tersebut kemungkinan akan menjadi kandidat pesepak bola terbaik di dunia.

Mbappe menjadi bintang saat Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018. Ia pun nyaris mempertahankan gelar tersebut ketika sukses masuk final di Piala Dunia 2022 Qatar. Sayang, Prancis kalah dari Argentina.

Sementara Haaland tidak bisa menyainginya dengan gelar yang sama. Namun, Haaland membalasnya dengan gelar Liga Champions 2023 bersama Manchester City. Bahkan Haaland menjadi bagian penting Man City dalam kesuksesan meraih treble winners.

“Pada titik ini, dengan kepergian Messi, dengan kepergian [Cristiano] Ronaldo, kandidat podium harus Haaland, Mbappé, dan siapa pun yang ingin berada di sana,” kata Canto dilansir dari PSG Talk, Jumat (18/8/2023).

Mbappe belum sesukses Haaland di level klub karena belum mengangkat trofi Liga Champions. Ia harus bisa membalasnya di PSG atau di klub lain. Canto mengatakan PSG saat ini bukan lagi tim Messi atau Neymar tetapi tim Mbappe.

Mbappe mempunyai tanggung jawab besar membawa PSG sukses di Eropa karena statusnya sebagai superstar. Dia adalah pusat dari proyek yang dirancang PSG meskipun masa depannya di Paris belum jelas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement