Ahad 20 Aug 2023 02:57 WIB

Terjepit Soal Kebutuhan Pemain, Shin Tae-yong Akui Pusing Urus Timnas U-23

Skuad Shin Tae-yong hanya menyisakan 21 pemain yang siap tampil di Piala AFF U-23.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Shin Tae-yong merasa sedang tidak baik-baik saja. Pasalnya, ia bakal tanpa beberapa pemain menjelang duel kedua Piala AFF U-23 Thailand.

Skuad Garuda Muda dipastikan tidak dapat memainkan Komang Teguh dan Titan Agung di Piala AFF U-23 2023 setelah keduanya dijatuhi sanksi pasca-terlibat kerusuhan pada final SEA Games 2023 kemarin.

Baca Juga

Keduanya dihukum selama enam pertandingan dan denda 1.000 dolar AS. Kondisi yang jelas merugikan Shin Tae-yong lantaran hanya menyisakan 21 pemain yang siap tampil.

"Jujur perasaan saya tidak begitu baik," kata pelatih asal Korea Selatan itu menjelaskan kepada media dikutip laman resmi PSSI, Sabtu (19/8/2023).

Komang dan Titan sejatinya merupakan opsi alternatif pada pemanggilan pemain timnas U-23 2023. Titan sebagai pengganti posisi Fajar Fathur Rahman karena Borneo FC sudah mengirim dua pemain ke skuad Garuda Muda.

Proses pemanggilan pemain untuk Piala AFF U-23 tahun ini memang cukup berliku setelah beberapa klub menolak membiarkan sang pemain bertugas membela negaranya.

Klub seperti Persija Jakarta di bawah pimpinan Thomas Doll dan PSM Makassar Bernardo Tavares enggan memberikan lampu hijau untuk timnas U-23 membawa Rizky Ridho pun Dzaky Asraf.

"Ya, karena pemanggilan pemain dari klub pun sangat sulit kemarin. Kami memanggil Komang dan Titan juga sebetulnya sangat susah," keluh Shin Tae-yong.

Meski banyak masalah yang terjadi, Shin Tae-yong berharap anak asuhnya bisa bermain lepas di Piala AFF U-23 2023.

Pasalnya, ajang ini jadi sarana untuk melakukan seleksi pemain-pemain baru yang akan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 mendatang.

"Dengan adanya kabar tidak baik, maka kami hanya bisa menggunakan 21 pemain. Saya berharap pemain menunjukkan yang terbaik dan tentu harus menikmati setiap pertandingan," jelas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-23 baru saja menderita kekalahan 1-2 dari Malaysia pada laga perdana Grup B Piala AFF U-23 2023 di Stadion Rayong Province, Thailand, Jumat (18/8/2023) kemarin.

Dengan demikian, skuad Garuda Muda sementara berada di dasar klasemen Grup B Piala AFF U-23.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement