Ahad 20 Aug 2023 13:51 WIB

Survei: Masyarakat Puas dengan Kepemimpinan Erick Thohir di PSSI

Erick Thohir dinilai telah berhasil menyelamatkan PSSI dari sanksi FIFA.

Rep: Reza Irfa Widodo/ Red: Teguh Firmansyah
 Ketua Umum PSSI Erick Thohir meninjau langsung seleksi tim U-17 di Persija Training Ground, Bojongsari, Depok, Sabtu (22/7/2023).
Foto: Dok Republika
Ketua Umum PSSI Erick Thohir meninjau langsung seleksi tim U-17 di Persija Training Ground, Bojongsari, Depok, Sabtu (22/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PSSI JAKARTA -- Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Erick Thohir sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mencapai 71,4 persen. Hasil ini berdasarkan temuan teranyar dalam survei nasional keluaran Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Dalam survei yang dilakukan selama rentang waktu 3 hingga 9 Agustus tersebut, sebanyak 52 persen responden mengetahui terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) pada Februari silam. 

Baca Juga

Mayoritas dari responden tersebut mengaku cukup puas dengan kinerja Erick selama menjabat sebagai Ketum PSSI. "71,4 persen dari responden tersebut menyatakan cukup puas dengan kinerja Erick. Sedangkan, 17,3 persen responden mengaku sangat puas dengan kinerja Erick selama memimpin PSSI," tulis hasil temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) tersebut seperti diterima Republika, Ahad (20/8/2023).

Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dianggap menjadi salah satu prestasi sosok yang memegang jabatan Menteri Negara BUMN tersebut sejak dipercaya memimpin PSSI. 

Tidak hanya itu, Indonesia juga terhindar dari sanksi FIFA buntut tragedi Kanjuruhan. Hal ini dilengkapi dengan upaya Erick untuk memulai dan mengawal transformasi sepak bola Indonesia. Selain itu, Erick juga dinilai terlibat dalam usaha untuk melobi FIFA dalam mencabut sanksi terhadap Indonesia pada 2015 silam. 

Di antara deretan prestasi ini, penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 dianggap menjadi prestasi terbaik Erick sebagai Ketum PSSI. Berdasarkan hasil survei tersebut, sebanyak 66,5 persen responden setuju dengan peran besar Erick dalam penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. "Sementara sebanyak 17,4 persen responden sangat setuju dengan adanya peran besar Erick terhadap penunjukan tersebut.  Di sisi lain, hanya sekitar 7,4 persen responden tidak setuju dengan pernyataan tersebut," lanjut laporan tersebut. 

Kendati begitu, Erick juga dihadapkan berbagai harapan terkait posisinya sebagai Ketum PSSI. Sebagian besar responden, mencapai 27,1 persen, berharap, Erick bisa membawa Timnas Indonesia menorehkan prestasi di pentas sepak bola internasional. Di urutan kedua, sebanyak 26,3 persen, PSSI di bawah kendali Erick diharapkan bisa menelurkan barisan pesepakbola berkualitas . 

"Sementara di urutan ketiga dalam temuan survei tersebut, Erick diharapkan bisa memberantas praktif mafia bola. Sebanyak 14,9 persen responden berharap Erick bisa membersihkan sepak bola nasional dari mafia bola," tulis laporan tersebut. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement