Ahad 20 Aug 2023 22:11 WIB

Menang Tipis 1-0 Atas Timor Leste, Peluang Indonesia Lolos ke Semifinal Terbuka

Indonesia menantikan hasil laga Grup A dan C untuk memastikan lolos ke semifinal.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Penyerang timnas Indonesia U-23 Ramadhan Sananta merayakan gol ke gawang Timor Leste U-23 pada Piala AFF U-23,
Foto: Dok PSSI
Penyerang timnas Indonesia U-23 Ramadhan Sananta merayakan gol ke gawang Timor Leste U-23 pada Piala AFF U-23,

REPUBLIKA.CO.ID, RAYONG -- Tim nasional Indonesia U-23 meraih hasil positif saat bertemu Timor Leste U-23 pada matchday kedua Grup B Piala AFF U-23 2023. Garuda muda unggul tipis 1-0 atas Timor Leste di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Ahad (20/8/2023) malam WIB.

Dengan kemenangan ini, peluang Indonesia untuk lolos terbuka lebar untuk lolos sebagai runner-up terbaik ke semifinal. Syaratnya, tidak ada kejutan besar Kamboja mengalahkan Thailand pada laga terakhir Grup A, Senin (21/8/2023). Skenario lain, Timor Leste Leste mengalahkan Malaysia dengan selisih satu gol, tapi dengan angka besar (2-1, 3-2, dan seterusnya), Selasa (22/8/2023), atau Filipina mengalahkan Vietnam dengan selisih satu gol di Grup C. Jika salah satu dari skenario ini terjadi, maka Indonesia dipastikan gagal lolos sebagai runner-up terbaik.

Baca Juga

Anak asuh Shin Tae-yong tancap gas sejak awal. Garuda Muda tak memberikan kubu lawan berkembang. Namun pada menit keempat sempat terjadi kesalahan koordinasi.

Penyerang Timor Leste U-23 Olagar Xavier mendapat ruang tembak yang cukup. Ia lantas melepaskan tembakan jarak jauh. Upaya Olagar melambung di atas mistar gawang Ernando Ari Sutaryadi.

Perlahan tapi pasti, skuad polesan Park Soon-tae menemukan ritmenya. Mereka nampak sangat agresif. Cara demikian cukup mumpuni dalam memutus aliran bola Arkhan Fikri dan rekan-rekan.

Setelah 15 menit berlalu, Indonesia U-23, masih kesulitan membongkar pertahanan lawan. Sebaliknya, serangan balik balik Timor Leste, merepotkan lini belakang pasukan Garuda Muda. Termasuk tembakan tepat sasaran Olagar pada menit ke-17.

Indonesia U-23 mendapatkan peluang emas perdana pada menit ke-35. Dimulai dari pergerakan Jeam Kelly Sroyer. Sosok bernomor punggung 20 ini melakukan peneterasi ke kotak penalti Timor Leste. Ia lantas melepaskan umpan tarik ke rekannya. Muhammad Ramadhan Sananta yang dituju. Tembakan Sananta melambung tipis di atas mistar gawang Georgina Da Silva.

Timor Leste terus bermain agresif. Beberapa kali sejumlah pemain kunci Indonesia mendapat tekel keras. Salah satunya Beckham Putra Nugraha yang jatuh bangun bergerak di lini tengah Garuda Muda.

Pada menit ke-34, Indonesia U-23 kembali menebar ancaman. Kali ini melalui Alfeandra Dewangga Santosa. Placing Dewangga meleset tipis dari sasaran.

Enam menit berselang, giliran Beckham memiliki kans. Ia mendapat bola liar di pertahanan lawan. Sepakan kaki kanan penggawa Persib Bandung itu melambung di atas gawang lawan.

Indonesia akhirnya memimpin jelang babak pertama berakhir. Sundulan Sananta di menit ke-45, memanfaatkan crossing Beckham, tak mampu dihalau kiper lawan. Skor 1-0 untuk keunggulan anak asuh Shin Tae-yong bertahan hingga turun minum. 

Selepas jeda, intensitas meningkat. Garuda Muda langsung menebar ancaman. Tembakan Bagas Kaffa di menit ke-47, membuat Georgino berjibaku menyelamatkan areanya dari kebobolan.

Setelahnya, Garuda Muda mendapatkan sejumlah peluang emas. Sananta nyaris membuat Indonesia menjauh. Begitu juga dengan Kelly Sroyer serta Esal Sahrul Muhrom.

Ramadhan Sananta sempat menjebol gawang Timor Leste untuk kedua kalinya pada menit ke-80. Sayang, hakim garis mengangkat bendera pertanda offside. Meski dalam tayangan ulang menunjukan penyerang Persis Solo itu dalam posisi onside. Pasukan Garuda terus menekan dan mendulang kans emas. Sampai duel usai, tak ada perubahan angka di papan skor.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement