Senin 21 Aug 2023 09:44 WIB

David Moyes Akui Ada Faktor Keberuntungan dalam Kemenangan West Ham Atas Chelsea

Pertahanan solid dan kegigihan para penggawa West Ham menjadi kunci kemenangan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih West Ham United, David Moyes.
Foto: AP/Ian Walton
Pelatih West Ham United, David Moyes.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- West Ham United menyajikan kejutan tersendiri di laga terakhir pada pekan kedua Liga Primer Inggris. Menerima lawatan Chelsea di Stadion London, the Hammers berhasil menundukkan tamunya tersebut, 3-1, Senin (21/8/2023) dini hari WIB.

Gol sundulan Nayef Aguerd setelah memanfaatkan sepak pojok James Ward-Prowse membawa the Hammers unggul cepat, tepatnya pada menit ketujuh. Namun, Chelsea bukan tanpa kemampuan untuk bisa membalas.

Baca Juga

Pada menit ke-28, tim besutan Mauricio Pochettino itu membalas via torehan Carney Chukwuemeka. West Ham akhirnya bisa menutup babak pertama dengan skor imbang, 1-1, meski sempat nyaris tertinggal via eksekusi tendangan penalti Enzo Fernandez. Kiper the Hammers, Alphonso Areola, berhasil menghalau sepakan penalti gelandang asal Argentina tersebut.

Pada babak kedua, the Hammers tampil begitu efektif. Michail Antonio membawa West Ham United kembali unggul pada menit ke-53 setelah memanfaatkan assist dari Ward-Prowse. Gol penalti Lucas Paqueta melengkapi kemenangan the Hammers atas klub asal London Barat tersebut.

Pelatih West Ham United, David Moyes, mengungkapkan, kemenangan ini terasa begitu memuaskan. Terlebih, saat melihat anak-anak asuhnya terus mendapatkan tekanan, terutama pada babak pertama. The Hammers pun dinilai tidak terlepas dari faktor keberuntungan untuk bisa menundukkan the Blues.

''Mereka adalah tim yang sangat bagus. Mereka menunjukkannya di laga terakhir (kontra Liverpool). Kami cukup beruntung untuk tidak kebobolan dan menutup babak pertama dalam kondisi tertinggal. Keberhasilan kiper menghalau penalti memberikan kami kepercayaan diri dan keyakinan pada babak kedua,'' ujar Moyes kepada Sky Sports seusai laga, Senin (21/8/2023).

Meski Chelsea menelan kekalahan di laga ini, Moyes menilai, hasil tersebut seharusnya tidak mengubah opini publik soal status the Blues. Dengan berbagai aktivitas di bursa transfer pemain, the Blues tetap layak dianggap sebagai salah satu kandidat kuat dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini.

Mantan pelatih Manchester United itu pun menyebut, pertahanan yang solid dan kegigihan para penggawa the Hammers dalam setiap duel perebutan bola menjadi salah satu kunci keberhasilan anak-anak asuhnya memetik poin penuh. Hasil ini sekaligus menjadi kemenangan perdana klub asal London Timur itu pada musim ini.

''Kami bertahan di kotak penalti dengan sangat baik. Mereka juga beberapa kali melakukan kesalahan. Kami menunjukkan kegigihan dan menjadi tim yang sulit untuk dikalahkan. Kini, kami kembali menunjukkan hal itu. Namun, ceritanya bisa sangat berbeda. Saya akan sangat terkejut apabila Chelsea tidak bisa bersaing di papan atas,'' jelas Moyes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement