Selasa 22 Aug 2023 00:02 WIB

MU Umumkan Resmi Berpisah dengan Mason Greenwood

Greenwood tak akan lagi jadi bagian dari MU.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Mason Greenwood resmi dilepas Manchester United.
Foto: EPA-EFE/Tim Keeton
Mason Greenwood resmi dilepas Manchester United.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) telah mengonfirmasi bahwa mereka saling menyetujui kepergian Mason Greenwood dari Stadion Old Trafford setelah menyelesaikan penyelidikan internal terhadap sang pemain.

Greenwood sudah tidak bermain untuk MU sejak ditangkap pada Januari 2022 lantaran terlibat dalam kasus pemerkosaan dan pemaksaan serta penyerang terhadap seorang wanita.

Baca Juga

Meski pada akhirnya pihak kepolisian setempat menghentikan kasus tersebut. Pihak MU dikabarkan tetap akan meneruskan pengusutan masalah itu secara mandiri agar bisa mengambil sikap atas masalah yang dialami pesepak bola berusia 22 tahun.

MU kemudian memulai penyelidikan internal atas insiden tersebut dan telah terjadi protes oleh pendukung dalam beberapa pekan terakhir tentang potensi kembalinya sang pemain.

Kini pihak klub telah mengambil kesimpulan tentang masa depan Greenwood bahwa penyelidikan internal telah berjalan.

"MU sudah menyelesaikan penyelidikan internal atas tuduhan yang dibuat terhadap Mason Greenwood. Selama ini kami mempertimbangkan keinginan, hak dan perspektif dari korban, pun nilai klub. Kami berupaya mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dan konteks," demikian pernyataan klub dilansir Mirror, Senin (21/8/2023).

MU disebut  tidak akan mengizinkan Greenwood bergabung kembali dengan tim, yang membuat masa depan jebolan akademi klub Manchester Merah itu dipastikan berakhir di Theater of Dream.

"Meskipun demikian, seperti yang diakui Mason secara terbuka hari ini, dia telah membuat kesalahan yang menjadi tanggung jawabnya. Semua yang terlibat, termasuk Mason, menyadari kesulitan memulai kembali karirnya di MU.

Oleh karena itu telah disepakati bersama bahwa paling tepat baginya untuk melakukannya jauh dari Old Trafford, dan kami sekarang akan bekerja dengan Mason untuk mencapai hasil tersebut," sambung pernyataan itu.

Sementara pelatih Erik ten Hag menjelaskan bahwa keputusan semua berada pada klub apakah Greenwood akan tersedia dalam skuad Setan Merah atau tidak.

"Saya telah mengatakan ide dan pendapat saya tetapi ini adalah keputusan klub. Kita semua harus menerimanya, saya tak bisa mengatakan terlalu banyak," kata Ten Hag menjelaskan tentang kondisi Greenwood dengan klub.

Greenwood bergabung dengan MU pada usia enam tahun dan telah berkembang sebelum melakukan debut di bawah pelatih Ole Gunnar Solskjaer di Liga Champions 2019 silam.

Ia pun menjadi pemain reguler selama dua musim berikutnya dan membuat 24 penampilan di musim 2021/2022 sebelum penangkapannya. Greenwood juga memiliki satu caps untuk timnas Inggris dalam kemenangan atas Islandia pada ajang UEFA Nations League.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement