Selasa 22 Aug 2023 12:57 WIB

Shin Tae-yong Belum Persembahkan Trofi, Pengamat: Wajar Muncul Desakan STY Out

Selama 4 tahun melatih, Shin belum juga mempersembahkan trofi juara untuk Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-23 dan timnas senior asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pelatih timnas Indonesia U-23 dan timnas senior asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat sepak bola Indonesia, Akmal Marhali, menyatakan, wajar jika ada sejumlah suara yang mendesak agar Shin Tae-yong mundur. Hal ini, menurut Akmal, yang juga koordinator Save Our Soccer (SOS), terjadi karena selama empat tahun menangani timnas Indonesia belum ada satu trofi pun yang dipersembahkan pelatih asal Korea Selatan (Korsel) tersebut.

"Wajar kalau ada desakan Shin Tae-yong mundur dari jabatan pelatih timnas Indonesia. Karena hingga saat ini belum ada prestasi yang bisa dibanggakan selama timnas Indonesia dipegang Shin Tae-yong baik di level senior maupun kelompok umur," kata Akmal, Senin (21/8/2023).

Baca Juga

Menurut Akmal, prestasi yang dinanti masyarakat Indonesia bukan sekadar lolos ke Piala Asia U-20 atau membawa timnas senior lolos ke ajang Piala Asia yang akan digelar di Qatar tahun depan. "Masyarakat membutuhkan trofi juara, sebagai bukti keberhasilan, bukan sekadar lolos ke sebuah kejuaraan," ujarnya menambahkan.

Akmal menilai selama empat tahun melatih, baik saat memegang kelompok umur maupun senior, pelatih asal Negeri Ginseng ini justru mengalami penurunan prestasi. Hal itu tercatat dari pencapaian yang diraih timnas Indonesia dari tahun ke tahun sejak ditangani Shin Tae-yong.

"Di ajang SEA Games 2021 Vietnam justru hanya meraih medali perunggu, padahal sebelumnya kita dapat medali perak. Dan di ajang Piala AFF 2022 kita hanya semifinalis padahal dua tahun sebelumnya kita runner-up," kata Akmal.

Di ajang Piala AFF U-23 2023 yang saat ini sedang berlangsung di Thailand, penampilan Ramadhan Sananta dkk juga tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kalah 1-2 dari Malaysia dan hanya menang 1-0 dari Timor Leste. Ini membuat posisi Indonesia bergantung pada peserta lainnya untuk lolos ke semifinal.

"Di ajang ini kalau memang Shin Tae-yong tidak siap, bisa diserahkan ke asisten pelatih. Jangan karena ajang ini bukan agenda resmi FIFA lantas menjadikan ajang ini hanya sebagai laga persahabatan. Ini ajang resmi AFF adu gengsi. Thailand dan Vietnam serius," kata Akmal.

Akmal khawatir nanti di Asian Games yang bukan agenda FIFA juga akan menjadi laga persahabatan saja bagi Shin Tae-yong. "Harus ada kesamaan target antara pengurus PSSI dan pelatih. PSSI harus mengevaluasi kinerja Shin Tae-yong," ujar dia menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement