Jumat 25 Aug 2023 08:02 WIB

Warganet Angkat Jempol untuk Shin Tae-yong yang Dinilai Cuma Dibekali Skuad Seadanya

Timnas Indonesia U-23 membuat kejutan dengan menyingkirkan tuan rumah Thailand.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah kejutan terjadi pada semifinal Piala AFF U-23 2023. Timnas Indonesia menyingkirkan tuan rumah Thailand.

Sebelum pertandingan tersebut berlangsung, Garuda Muda tidak diunggulkan. Ada banyak faktor menjadi penyebab. Pertama, kubu lawan berstatus tuan rumah.

Baca Juga

Skuad Gajah Perang perkasa di markas sendiri. Anak asuh Issara Sritaro selalu menang dalam tiga pertandingan di babak penyisihan. Selama periode tersebut, Thailand mencetak delapan gol dan tidak kebobolan.

Ribuan penggemar berada di belakang Songchai Thongcham dan rekan-rekan. Sementara Indonesia U-23 terseok-seok di putaran grup. Awak Merah Putih takluk 1-2 dari Malaysia, kemudian menang tipis 1-0 atas Timor Leste. Garuda Muda lolos ke semifinal berbekal status runner-up terbaik grup.

Kemudian, yang paling menjadi sorotan adalah amunisi. Bukan rahasia lagi jika pelatih Shin Tae-yong tak bisa membawa komposisi terbaik. Sejumlah klub menahan pemain yang dipanggil.

Namun, keadaan demikian bukan halangan untuk tampil trengginas. Pada semifinal, Indonesia menaklukkan Thailand 3-1 di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/8/2023) malam WIB. Hasil ini memancing reaksi warganet di tanah air.

"Di luar prediksi Netizen," tulis akun tribunggaruda di kolom komentar Instagram timnas Indonesia, pada Jumat (25/8/2023).

"Datang dengan komposisi seadanya dan bermain kurang bagus di babak penyisihan. Namun, STY menyajikan permainan yang mengejutkan lagi. Tidak hanya menang, tapi juga menguasai pertandingan melawan Thailand tadi. Sebuah hasil yang mengejutkan tentunya saat tim ini tidak diunggulkan. Vietnam, Kami Siap," tulis akun gelandangan29.

"Skuad mewah menang 5-2 itupun lewat extra time, Skuad pas-pasan menang 3-1 tanpa extra time luar biasa coach @shintaeyong7777," akun Alvian Choirul Anam menimpali.

Lalu beberapa akun centang biru juga ikut bersuara. Dimulai dari klub. Tak ketinggalan sejumlah tokoh melakukan hal serupa.

"Selamat atas perjuangan malam ini, Garuda Muda! Persiapan penuh untuk laga final!," tulis akun persisofficial.

"Selamat, Garuda Muda," tulis akun persikofficial.

"Final. Semoga sukses melawan Vietnam dan meraih juara," kata akun oranje_indonesia.

Pada partai puncak nanti, Alfeandra Dewangga dkk jumpa Vietnam U-23. Laga tersebut berlangsung di Rayong Provincial Stadium, Sabtu (26/8/2023) malam WIB.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement